1 Rumah 1 Hafizh Progul Tanah Datar

oleh -2274 Dilihat

Tanahdatar, Dutametro- Program 1 Rumah 1 Hafizh/hafizah merupakan salah satu Program Unggulan (Progul) Tanah Datar 2021-2025. Berbagai upaya dilakukan untuk mencapainya, salah satunya dengan menempelkan stiker di rumah sebagai penanda di rumah itu ada anak yang hafal Al Qur’an.

“Pemasangan stiker di rumah yang ada hafizh/hafizah dimaksudkan untuk memberi dan meningkatkan motivasi anak lainnya agar hafal Al Qur’an,” kata Bupati Tanah Datar Eka Putra saat memasang stiker secara simbolis di jorong Tabek Boto Nagari Baringin, Sabtu (26/2/2022).

Dikatakan Bupati lagi, Program 1 Rumah 1 Hafizh/hafizah bertujuan menciptakan Kabupaten Tanah Datar Madani dan juga menjadikan Kabupaten Tahfizh.

“Kita berharap, dengan semakin banyak dan meningkatnya generasi muda yang hafizh atau hafal Al Qur’an, sehingga nantinya 15 sampai 25 tahun mendatang akan ada separoh atau lebih masyarakat Tanah Datar penghafal Al Qur’an,” ujarnya.

Karena itu, ajak Eka, mari bersama-sama masyarakat Tanah Datar untuk mendukung dan menyukseskan salah satu Progul ini.

“Insya Allah, dengan program ini akan menjadikan Tanah Datar menjadi Kabupaten Madani dan Sejahtera, jauh dari marabahaya dan malapetaka, sesuai filosofi Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah,” sampainya.

Disebutkan Bupati Eka lagi, ke depan Pemerintah Daerah akan memberikan reward kepada 6 Nagari terbanyak yang melaksanakan program 1 Rumah 1 Hafizh/hafizah.

“Pemda akan menurunkan tim penilai dan verifikasi terhadap nagari yang mampu menjadi terbanyak melaksanakan program ini. Untuk reward yang bakal diberikan sengaja dirahasiakan dulu,” tukas Eka.

Sementara itu H. Afrizon mewakili Tahfizh Tanah Datar yang juga menjabat Sekretaris Dinas Sosial Tanah Datar menyampaikan, kegiatan pemasangan stiker Program 1 Rumah 1 Hafizh/hafizah serentak dilaksanakan hari ini di Kabupaten Tanah Datar.

“Secara simbolis, pemasangan Stiker 1 Rumah 1 Hafizh/Hafizah dilaksanakan Bupati Tanah Datar dipusatkan di Jorong Tabek Boto Nagari Baringin Lima Kaum sebanyak 10 rumah dari 24 rumah yang terdata di jorong ini,” katanya.

H. Afrizon menambahkan, ia bersama jajaran terutama penggiat rumah tahfiz akan terus mengembangkan dan mendidik generasi muda sehingga akan semakin banyak lahir generasi muda penghafal Al Qur’an di Tanah Datar.

“Penghafal Al Qur’an adalah manusia yang cerdas dan memiliki akhlak yang baik dan terpuji. Sehingga mereka akan jauh dari perbuatan negatif yang merusak moral, yang sendirinya akan menjadikan Tanah Datar semakin tangguh ke depan,” pungkasnya.

Turut hadir Camat Lima Kaum Hendra Setiawan, Wali Nagari Baringin Irman Idrus, Ketua FKRT Tanah Datar bersama jajaran dan beberapa tokoh masyarakat lainnya. (Prokopim/mmh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.