Jumat, April 19, 2024

Bukber Ketua Basnaz Sulut Abit Takalamingan di Masjid At Taqwa Langowan

Must read

Minahasa,dutametro.com. – Bukber Ketua Basnaz Sulut Abit Takalamingan di Masjid At Taqwa Langowan.Bulan suci Ramadan adalah bulan yang penuh keberkahan, ampunan dan rahmat serta kasih sayang dari Allah SWT. Diwajibkan kepada seluruh umat Islam yang beriman untuk melaksanakan ibadah puasa pada bulan Ramadan dengan tujuan agar menjadi orang-orang yang bertakwa.

Sama yang dilakukan jamaah Masjid At Taqwa, Kecamatan Langowan, Kabupaten Minahasa, Sulut pada puasa hari ke 3, Sabtu (25/3/2023). Sekitar 500 jamaah menghadiri buka puasa yang dihadiri juga oleh Ketua Baznas Sulut, Abid Takalamingan yang juga calon Anggota DPD RI.

Dalam ceramah Ramadan yang disampaikan oleh Abid, dijelaskannya bulan suci Ramadan adalah untuk meningkatkan keimanan kepada Allah SWT serta memberikan keberkahan kepada orang-orang yang berpuasa.

“Allah SWT mudahkan untuk melaksanakan ibadah-ibadah di dalamnya, mulai dari baca Quran, salat, sedekah dan lain sebagainya dan bahkan Allah SWT berikan keberkahan dalam rezeki,” kata Abid.

Lanjutnya, orang mudah mendapatkan rezeki misalnya banyak orang menyediakan ta’jil, sahur, ibu-ibu berjualan bahkan anak – anak muda membuat cafe yang hanya ada di bulan Ramadan.

Kata, Abid, ibadah puasa dapat memupuk rasa syukur kepada Allah SWT dan menumbuhkan rasa kasih sayang ataupun empati kepada orang lain. Karena ketika orang yang berpuasa merasakan haus dan lapar, maka dirinya dapat membayangkan betapa berat penderitaan para fakir miskin yang serba kekurangan.

“Hal ini di satu sisi dapat menimbulkan rasa syukur karena selama ini Allah SWT telah melimpahkan rezeki kepada kita sehingga kita tidak pernah menderita kelaparan dan kekurangan,” ungkap Abid.

Lanjutnya, Jika pandai bersyukur atas segala nikmat dan karunia yang telah diberikan Allah maka niscaya Allah SWT akan menambahkan lagi nikmat dan karunia yang telah dilimpahkan. Dengan rasa empati itu akan tergerak untuk membantu mereka yang kurang berkecukupan.

“Puasa ini marilah kita untuk memperbanyak sedekah. Pahala besar akan menanti apabila kita memberikan makan dan minum untuk berbuka bagi mereka yang berpuasa, yang diprioritaskan dari kalangan yang kurang mampu,” jelas Abid.

Dalam penutupan ceramahnya, dia mengagumi semangat para jamaah yang membangun Masjid At Taqwa Langowan yang sangat luas dengan desain arsitektur gaya Timur Tengah.

“Ya walaupun belum rampung tapi jika telah selesai masjid ini akan sangat indah kelihatannya. Dilihat dari detail arsitekturnya dan saya salut buat jamaah, panitia serta ketua BTM nya semangat selalu. Semoga Allah SWT mudahkan proses finishingnya,” lugas Abid.

Ilham’Schu

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article