Minggu, September 8, 2024

Anggota DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim Gelar Sosialisasi Perkoperasian Di Pessel

More articles

Dutametro.com.-Anggota DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim Gelar Sosialisasi Perkoperasian Di Pessel,Anggota DPRD Sumatera Barat Hendra Irwan Rahim menggelar sosialisasi perkoperasian di Hannah Hotel Painan, Selasa (26/9/2023). Kegiatan tersebut diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari tokoh masyarakat, Alim Ulama, Bundo Kanduang, Niniak Mamak dan generasi muda serta gerakan koperasi.

Hendra Irwan Rahim mengatakan, sosialisasi digelar untuk meningkatkan pengetahuan dan kapasitas bagi peserta akan perkoperasian. Dikatakan, koperasi merupakan unsur strategis dalam menggerakkan poros perekonomian kerakyatan di daerah.

Dikatakan, peningkatan pelaku koperasi tidak hanya tugas pemerintah melainkan, seluruh pihak terkait. Seluruh stakeholder diharapkan bergandengan tangan agar upaya pembanguan ekonomi kerakyatan berjalan optimal.

Lebih lanjut, Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopinda) Wilayah Sumatera Barat itu mengatakan, dunia perkoperasian terus di Sumbar terus menghadapi tantangan.

Kata Hendra, jumlah koperasi aktif di Sumbar terus berkurang seiring bertambahnya waktu. Hal itu, kata dia, tidak terkecuali di Pesisir Selatan.

“Khusus di Pesisir Selatan dari 300 koperasi, hanya 125 koperasi yang aktif,” kata Hendra.

Politisi Golkar ini berharap, selain menambah pengetahuan akan perkoperasian, tapi juga diharapkan dapat menampung permasalahan koperasi. Sehingga, sambungnya, dapat mengambil keputusan terkait permasalahan yang ada.

“Semua itu akan kita evaluasi dan ambil kebijakan agar koperasi kembali tumbuh dan berkembang di Sumbar, apalagi bapak Koperasi adalah Bung Hatta yang merupakan orang Sumbar,” kata Hendra.

Ia berharap, dengan kegiatan ini, ia berharap jumlah koperasi aktif di Sumbar dan Pessel terus bertambah. “Karena koperasi ini manfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat kelas menengah kebawah,” terang Mantan Ketua DPRD Sumbar itu.

Hadir dalam kesempatan itu anggota DPRD Sumbar Zarfi Deson, Ketua Dekopin Pessel Aprial Habas Buya Piai dan narasumber Zirma Yusri.

- Advertisement -spot_img

Latest