SD Muhammadiyah Gelar Wisuda Tahfizh dan Khatam Al Qur’an

oleh -1354 Dilihat

SD Muhammadiyah Kauman Padang Panjang menggelar Wisuda Tahfizh perdana 1 juz dan 2 juz, diikuti 18 murid. Serta Khatam Al Qur’an Quran sebanyak 30 siswa, di Masjid Taqwa Muhammadiyah. Acara berlangsung selama dua hari, Jumat (25/2) sampai dengan Sabtu (26/2).

Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano yang hadir di hari kedua, menyampaikan selamat atas keberhasilan SD Muhammadiyah, telah melahirkan generasi Qur’ani. Ia memotivasi para siswa terus menghafal dan memahami kandungan Al Qur’an.

“Bukan hanya hafal, akan tetapi mengerti, memahami kandungan dari ayat Al Qur’an,” katanya.

Wako Fadly juga mengajak orang tua bersama keluarga, menjadi garda terdepan mendidik anak-anaknya. Karena tugas pendidikan tidak hanya dibebankan kepada sekolah dan pemerintah, tetapi juga keluarga.

“Mau apapun bantuan dan perhatian pemerintah, tidak akan bisa tanpa ada peran dari keluarga. Mendisiplinkan mereka dari segi agama dan hal lain, membagi waktu. Jadi mereka mempunyai bekal. Matang dari usaha dini,” sebutnya.

Sementara itu Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Pabasko, Julpiadi Hutabarat, S.Ag, M.Si mengatakan, lima tahun terakhir ini keberadaan SD Muhammadiyah sudah mulai dilirik. SD Muhammadiyah bukan lagi dianggap sebagai alternatif terakhir. Lantaran sudah maju melalui program-programnya. Salah satunya Tahfizh Qur’an.

Julpiadi berharap, anak-anak yang menempuh pendidikan di Muhammadiyah kelak menjadi orang besar yang hafal dengan Al Qur’an. Menurutnya, penghafal Al Qur’an merupakan orang yang cerdas. “Yang memfasililtasi penghafal Qur’an pahalanya sama dengan penghafal Qur’an. Termasuk orang tua,” sebutnya.

Kepala SD Muhammadiyah, Arnita S.Pd, M.M menuturkan, Wisuda Tahfizh perdana dilaksanakan dengan jumlah 18 orang. Terdiri dari 15 orang hafizh 1 juz dan 3 orang hafizh 2 juz. Selanjutnya, Khatam Qur’an, diikuti sebanyak 30 orang murid kelas V dan VI.

“Yang terbaik diberikan pin emas. Semoga bisa meningkatkan hafalan mereka dan makin mencintai Al Qur’an. Harapan bisa berlanjut hingga 30 juz,” pungkasnya. Tampak hadir, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Drs. M. Ali Tabrani, M.Pd dan undangan lainnya. (harris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.