Kamis, Maret 28, 2024

Angkat Tema “Ka Tuhan Samakin Dakek, Bakawan Samakin Arek”, RSUD Gelar Pengajian Bersama UAS

Must read

Padang Panjang ,dutametro.com.—Angkat Tema “Ka Tuhan Samakin Dakek, Bakawan Samakin Arek”, RSUD Gelar Pengajian Bersama UAS. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Padang Panjang menggelar pengajian, mengundang penceramah Prof. H. Ustaz Abdul Somad, Lc, D.E.S.A, PH.D atau yang populer disebut UAS, Ahad (28/5) di Aula Poli RSUD. Pengajian ini mengangkat tema “Ka Tuhan Samakin Dakek, Bakawan Samakin Arek”.

Selain diikuti seluruh karyawan RSUD, juga hadir Wali Kota, H. Fadly Amran BBA Datuak Paduko Malano, Direktur RSUD, dr. Lismawati R, M.Biomed, Sp.PA, unsur Forkopimda dan sejumlah pejabat Pemko.

UAS dalam penggalan tausyiahnya menyampaikan, “Ka Tuhan Samakin Dakek, Bakawan Samakin Arek” bermakna mempererat hubungan dengan Allah serta sesama. Bisa diraih dengan menjernihkan hati yang dekat kepada Allah SWT.

UAS menukilkan Hadist Rasulullah SAW yang bersabda, “Ingatlah, dalam tubuh manusia itu ada segumpal daging. Kalau segumpal daging itu baik, maka akan baiklah seluruh tubuhnya. Tetapi, bila rusak, niscaya aka rusak pula seluruh tubuhnya. Segumpal daging itu bernama qolbu” (HR Bukhari dan Muslim).

Dikatakan UAS, seseorang jangan memiliki rasa tidak senang bila melihat kelebihan orang lain. “Balikkan semua kepada Allah. Tidak ada kemampuan kecuali dari Allah,” katanya.

UAS juga memberikan nasehat agar tenaga kesehatan di RSUD hendaknya bisa membawa kenyamanan, kebahagiaan dan ketenangan kepada orang lain. Namun demikian, ketenangan yang diberikan dimulai dari diri sendiri.

“Orang yang tidak tenang jiwanya mustahil menenangkan diri orang lain. Dimulai dari diri sendiri. Ketenangan dari Allah diturunkan ke dalam hati orang beriman. Di Islam dengan banyak berzikir,” ujar UAS seraya mengajak jemaah bisa mengamalkan salawat.

Di samping itu, katanya, karyawan di rumah sakit harusnya makin dekat dengan Allah. Lantaran di sana bisa mengambil berbagai hikmah tentang kesehatan maupun kematian.

Sementara itu, Wako Fadly menyambut baik pengajian ini. Ia berharap ukhuwah makin terjalin dengan baik di RSUD, pelayanan kepada masyarakat terus maksimal.

“Terima kasih atas dedikasi tenaga kesehatan dan seluruh karyawan RSUD selama ini,” tuturnya.

Sebelumnya, UAS bersama Wako Fadly menyempatkan diri membezuk salah seorang pasien atas nama Irfan, berumur 6 tahun. Pasien mengalami penyakit tipes dan infeksi saluran pencernaan. UAS bersama Wako Fadly memberikan support agar bisa kembali sehat seperti sedia kala. (harris).

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article