Minggu, Juni 23, 2024

Satu Dekade SISSCa, Tampilkan Pariwisata Budaya dan Kekinian

More articles

Sawahlunto, dutametro.com – Satu Dekade SISSCa, Tampilkan Pariwisata Budaya dan Kekinian.Satu Dekade Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival (SISCa) 2014 – 2024 digelar dengan tajuk “It’s Time For Sawahlunto” digelar pada 6 – 8 September 2024. Jelang ivent itu Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora) lakukan workshop karnaval yang diikuti rumah-rumah kreatif dan perwakilan OPD di khas Ombilin hotel, Selasa -Rabu(28-29/5/2024).

Kabid Pemasaran dan Ekomomi Kreatif Dinas Parpora Sawahlunto Meldi Hidayah Marta menyebut satu dekade atau 10 tahun SISSCa saat ini telah masuk dalam 110 Karisma Even Nusantara (KEN) 2024 Kementrian Pariwisata RI.
“Tentu harapannya SISSCa yang kita gelar lebih baik setiap tahunnya. Untuk itu dilakukan workshop dengan melibatkan nara sumber kreator Jember Fashion Carnaval (JFC) Ivan Fanani,” kata dia.

Dia juga menyebut, saat ini SISSCa sudah mencuri perhatian dari berbagai pihak salah satunya saat launching KEN 2024, icon SISSCa diundang tampil di Ancol dan juga Festival Lancang Kuning Pekanbaru Riau.
“Yang menjadi PR selama ini, terkait effisiensi kostum yang terkesan rumit untuk dibawa-bawa saat tampil. Kita mau melalui workshop ini akan muncul ide untuk lebih simple dalam hal perakitan kostum,” jelas dia.

Senada dengan itu Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto Ambun Kadri juga menilai adanya strategi untuk peningkatan kualitas iven, termasuk ide rakitan kostum yang lebih simpel seperti puzzel.

SISSCa sebut dia, merupakan ajang ekonomi kreatif yang dipadupadankan dengan momentun untuk menggaet kunjungan wisata ke Kota Sawahlunto.
“Alhamdulillah Sawahlunto masih diperhitungkang untuk memberi kontribusi dalam iven tingkat Nasional ini. Kedepan Sawahlunto sebagai kota warisan dunia atau world heritage yang telah akui oleh UNESCO akan menjadi magnet wisata di Sumbar dan Indonesia dan semakin lengkap dengan iven SISSCa ini,” terang dia.(rki)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest