Kamis, Mei 30, 2024

Eka Putra : Jabatan Bukanlah Hak ASN, Tapi Amanah Yang Harus Diemban

Must read

Tanah Datar : Jabatan bukanlah hak bagi seorang Aparatur Sipil Negara, akan tetapi merupakan amanah yang harus diemban dan dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab, keikhlasan, jujur, profesional dan loyalitas dalam mendukung kelancaran pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM saat menghadiri Serah Terima Jabatan (Sertijab) Camat Padang Ganting dari Ronal Satria kepada Yatriwel sebagai camat yang baru, dan pelantikan Ketua TP PKK kecamatan Padang Ganting dari Ny. Indika Ronal Satria kepada Ny. Ariyanti, Senin (30/1/2023) di aula kantor camat setempat.

Tampak hadir pada acara serah terima jabatan tersebut anggota DPRD Tanah Datar Wirdawati, Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Kepala OPD dan Camat se Tanah Datar, Forkopimca kecamatan Padang Ganting, Wali Nagari, Ketua KAN, BPRN, tokoh masyarakat, angku-angku, niniak mamak, bundo kanduang, dan undangan lainnya.

Bupati juga sampaikan, sebagai pimpinan wilayah camat juga setiap saat harus berada di wilayahnya. “Camat harus tinggal di rumah dinas yang telah disediakan, karena camat harus orang yang pertama mengetahui setiap permasalahan yang terjadi di wilayahnya. Apalagi daerah kita ini termasuk daerah yang rawan bencana, dan bencana bisa datang kapan saja dan saat itu terjadi camat harus ada,” tegas Eka Putra.

Sebagai pemangku jabatan camat yang baru, Bupati Eka Putra juga berpesan agar segera melakukan penyesuaian diri dan mengenali lingkungan yang baru dengan cepat dan tepat. Dan kepada camat yang lama beserta keluarga juga disampaikan ucapan terima kasih atas pengabdiannya selama menjabat sebagai camat di Padang Ganting.

“Permasalahan yang dihadapi dan ditemui pada setiap kecamatan tidaklah selalu sama, untuk itu saya minta camat bisa bersikap dengan bijaksana serta penuh keadilan dan tanggung jawab dalam mengemban jabatan dan melaksanakan tugas-tugasnya,” pesan Bupati.

Tidak itu saja, sebagai pengganti Bupati selaku pemerintah daerah di kecamatan Bupati Eka Putra juga menitipkan camat langsung kepada niniak mamak dan tokoh masyarakat setempat.

“Camat merupakan perpanjangan tangan saya selaku pemerintah daerah di kecamatan, untuk itu kepada seluruh masyarakat Padang Ganting kalau ada yang ingin disampaikan kepada Bupati silahkan sampaikan kepada camat. Selesaikanlah setiap permasalahan di nagari melalui musyawarah dan mufakat bersama para niniak mamak, alim ulama dan tokoh masyarakat lainnya,” sampai Bupati.

Sementara Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada camat dan Ketua TP PKK kecamatan Padang Ganting yang baru dan berharap mampu mengemban tugas dan jabatannya serta dalam menjalankan amanah dengan penuh rasa tanggung jawab.

Selain itu, Ny. Lise khusus kepada Ketua TP PKK kecamatan juga diharapkan bisa menjadi mitra kerja pemerintah dalam mewujudkan visi misi pemerintah Kabupaten Tanah Datar.

“Saya berharap semua kader bersinergi untuk melaksanakan 10 program PKK dan terus menjalin komunikasi secara berjenjang, sehingga apabila ada permasalahan bisa diselesaikan dengan baik,” pesannya.

Dilain pihak, camat Padang Ganting yang lama Ronal Satria menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak, mulai dari pegawai kecamatan, Wali Nagari, Forkopimca dan seluruh lapisan masyarakat kecamatan Padang Ganting atas dukungan yang diberikan kepadanya selama memangku jabatan sebagai camat.

“Tanpa adanya dukungan dari semuanya, kami tentu tidak akan mampu berbuat apa-apa. Untuk itu kepada camat yang baru kami juga berharap hal yang sama, bahkan kalau bisa lebih dari apa yang bapak ibu berikan kepada kami selama ini,” ujarnya.

Di kesempatan itu, Ronal juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Padang Ganting. “Kami dan keluarga menyampaikan permohonan maaf jikalau selama memangku jabatan sebagai camat di sini ada kesalahan. Kami mohon pamit untuk melanjutkan tugas di tempat yang baru, semoga silaturahmi yang sudah terjalin selama ini tidak terputus hanya karena saya tidak menjadi camat di sini lagi,” tutupnya.

Sementara, Yatriwel sebagai camat Padang Ganting yang baru dalam menjalankan tugasnya juga berharap dukungan dari seluruh masyarakat. “Dukungan yang bapak ibu berikan akan menambah motivasi kami dalam bertugas, sehingga kita akan bisa bersama-sama membangun kecamatan Padang Ganting ini ke depannya,” ujar Yatriwel.

Perwakilan tokoh masyarakat Padang Ganting J. Dt. Pandito Lahie menyampaikan ucapan terima kasih kepada camat yang lama dan berharap pengabdiannya selama bertugas di kecamatan Padang Ganting mendapatkan imbalan yang setimpal oleh Allah SWT.

“Kami masyarakat Padang Ganting menyampaikan terima kasih kepada pak Ronal Satria sekeluarga, semoga apa yang telah bapak berikan kepada kami menjadi ladang ibadah bagi bapak sekeluarga. Dan kepada camat Padang Ganting yang baru, kami tumpangkan harapan kami untuk kemajuan masyarakat dan kami mendukung bapak sepenuhnya. Mari kita bersama-sama berbuat yang terbaik untuk kemajuan kita semuanya,” pungkasnya. (Prokopim)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article