Senin, Mei 20, 2024

Tim II Safari Ramadan Kunjungi Masjid Baitul Makmur, Wabup Richi Aprian Sampaikan Harapannya kepada Masyarakat

Must read

Tanah Datar, Dutametro.com – Tim II Safari Ramadan Kunjungi Masjid Baitul Makmur, Wabup Richi Aprian Sampaikan Harapannya kepada Masyarakat.Wakil Bupati (Wabup) Richi Aprian sekaligus Ketua Tim II Safari Ramadan Reguler Tahun 1444 H/2023 M menyambangi Masjid Baitul Makmur Nagari Minangkabau Kecamatan Sungayang, Rabu (29/3/2023) malam.

Wabup yang turut didampingi Kepala BPBD, Sekretaris Dinas PU PR, Sekretaris BKPSDM, Sekretaris Kominfo, Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian, Kabid Penegakan Perda, Kepala Bank Syariah Indonesia (BSI) Batusangkar, Kepala PDAM Tirta Alami Batusangkar, Ketua GOW Tanah Datar, Camat, Sekcam dan Forkopimca Sungayang serta pendamping lainnya disambut dengan berbuka dan salat magrib berjamaah.

Wabup Richi diawal sambutannya menyampaikan terima kasih atas sambutan pengurus masjid dan masyarakat Nagari Minangkabau yang telah menjamu untuk berbuka puasa di masjid.

“Alhamdulillah, terima kasih atas sambutan Bapak dan ibuk semua, terutama kaum ibu yang telah mempersiapkan jamuan berbuka kami rombongan, meski Saya tidak tambah namun saya menyantap hidangan sampai berkeringat, karena memang masakannya hanya ada 2 macam, lamak dan lamak bana,” katanya.

Dikatakan Wabup Richi lagi, kedatangan ia bersama rombongan tim ramadan adalah untuk mengikat tali silaturahmi bersama masyarakat dan menyampaikan berbagai program yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.

“Seperti keinginan kami bersama pak Bupati adalah menciptakan Tanah Datar menjadi Kabupaten Madani, tentunya pembangunan kita laksanakan, namun pembangunan pendidikan, mental dan spritual juga terus kita tingkatkan,” sampainya.

Memang, tambah Wabup, pembangunan pendidikan, mental dan spiritual tidak sekejap bisa dilihat hasilnya, namun ini adalah program jangka panjang untuk menciptakan Tanah Datar menjadi Kabupaten Madani.

“Selain pembangunan, Tanah Datar telah melaksanakan Program Satu Rumah Satu Hafiz/Hafizah, program ini jangka panjang untuk 15 sampai 20 tahun ke depan yang akan menciptakan setidaknya separoh masyarakat penghafal Al Qur’an yang nantinya akan bekerja di berbagai profesi. Ketika ini terwujud, Insya Allah keberkahan Allah SWT akan semakin banyak untuk kita di Tanah Datar,” ungkapnya.

Dan tentu saja, ujar Richi lagi, hal itu tidak bisa dilaksanakan dan dicapai sendiri oleh Pemerintah Daerah, tentunya harus ada dukungan dan kerjasama masyarakat terutama orang tua di rumah masing-masing.

“Memang saat ini masih terjadi berbagai tindakan penyalahgunaan narkoba sampai pernikahan dini. Tentunya, agar hal ini tidak terjadi lagi dukungan orang tua, sanak famili, ninik mamak dan lainnya sangat diperlukan untuk mengawasi dan mengarahkan anak kemenakan kita agar jangan sampai terjebak dalam perilaku tidak baik tersebut. Insya Allah, kalau kita bersama semua tentu akan bisa kita atasi,” ujarnya.

Terakhir Wabup juga berharap, masyarakat untuk terus meramaikan masjid dan musala dengan berbagai kegiatan keagamaan, terutama dalam bulan ramadan.

“Masjid tidak hanya megah dan nyaman, namun tentu juga ramai dengan jamaah serta pemuda untuk melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan dalam meningkatkan ketaqwaan kepada Allah,” tukasnya.

Sementara itu Ketua BPRN Minangkabau Yulnefrianto yang juga mewakili Wali Nagari dan Pengurus Masjid, menyampaikan terima kasih atas kedatangan tim safari ramadan Kabupaten Tanah Datar.

“Saya mewakili pak Wali yang sedang berduka dan juga pengurus Masjid menyampaikan terima kasih atas kedatangan pak Wabup bersama rombongan, dan mohon maaf kalau jamuan dan sambutan kami ada kekurangan,” sampainya.

Diungkapkan Yulnefrianto, saat ini Masjid Baitul Makmur sedang terus membangun untuk menjadi masjid yang lebih representatif bagi masyarakat Minangkabau.

“Masjid yang mulai di pugar tahun 2017 lalu ini telah menghabiskan dana Rp16 Miliar, itu semua dari swadaya masyarakat dan donatur serta sumbangan lainnya. Insya Allah saat terus membangun lantai atas yang bakal menjadi lokasi utama untuk beribadah salat nantinya. Kita targetkan selesai setahun ini, karena itu tentunya kami membuka pintu sekiranya ada bantuan dan sumbangan dari masyarakat dan donatur, sehingga Masjid kebanggaan masyarakat Minangkabau ini bisa selesai,” pungkasnya.

Selepas itu Wabup didampingi tim II menyerahkan bantuan sebesar Rp10 juta kepada pengurus masjid Baitul Makmur Nagari Minangkabau. Prokopim

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article