Jumat, Juli 19, 2024

Gubernur Apresiasi UNP dalam Menggelar Minangkabau Halal Festival

More articles

Padang, dutametro.com – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, memberikan penghargaan tinggi kepada Universitas Negeri Padang (UNP) atas penyelenggaraan Minangkabau Halal Festival (MHF) yang sukses untuk kali kedua. Dalam acara pembukaan MHF yang berlangsung meriah di Auditorium UNP pada Kamis (30/5), Mahyeldi menegaskan bahwa MHF adalah bukti nyata komitmen UNP dalam memajukan industri halal di Sumatera Barat.

Dalam sambutannya, Mahyeldi menyatakan bahwa UNP telah menjadi mitra strategis dalam mewujudkan visi besar Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk menjadikan wilayah ini sebagai pusat industri halal terkemuka di Indonesia.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada UNP atas penyelenggaraan Minangkabau Halal Festival untuk kedua kalinya. Ini adalah wujud perhatian UNP terhadap perkembangan industri halal di Sumatera Barat,” ujar Mahyeldi dengan penuh semangat.

UNP tidak hanya menyediakan venue bergengsi untuk acara ini, tetapi juga mengerahkan berbagai elemen kampus, termasuk Halal Center UNP, Dekanat FPP, dan Unit Kegiatan Kerohanian (UKK) mahasiswa. Kolaborasi ini memungkinkan berbagai kegiatan penting seperti Pengurusan Sertifikasi Halal, Olimpiade Halal, serta seminar dan talkshow edukatif terlaksana dengan sukses.

Mahyeldi juga menekankan keunggulan Sumatera Barat yang memiliki sumber daya alam melimpah, budaya Islam yang kuat, serta tenaga kerja yang kompeten, menjadikannya sebagai calon kuat untuk menjadi pusat industri halal Indonesia.

“Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2022 tentang Provinsi Sumatera Barat mengakui karakteristik unik kita yang berlandaskan ABS SBK. Kita harus memanfaatkan UU ini sebaik mungkin, termasuk melalui ajang MHF ini,” tegas Mahyeldi, menggarisbawahi pentingnya implementasi UU tersebut dalam mendukung perkembangan industri halal.

Pada acara tersebut, 10 pelaku usaha UMK menerima sertifikat halal, hasil pendampingan self declare oleh Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) UNP. Sertifikat ini diserahkan oleh Direktur Eksekutif KDEKS Sumatera Barat, Ketua TP PKK Sumbar Ibu Harneli Bahar, Dekan FPP UNP, dan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Sumbar.

Pembukaan MHF turut dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Ketua Industri Halal Sumatera Barat, Ketua KDEKS Sumatera Barat, Dekan FPP UNP, Pengurus Halal Center UNP, perwakilan Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Prof. Irwandi Jaswir selaku Ketua Tim Percepatan Industri Halal Sumatera Barat, Bank Nagari Syariah, serta pimpinan dan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.

Minangkabau Halal Festival tahun ini bukan hanya sekedar acara, tetapi sebuah momentum penting yang mempertegas langkah Sumatera Barat dalam mengejar posisi sebagai pionir industri halal di Indonesia. Red

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest