Senin, Mei 20, 2024

Kabut Asap Makin Parah , Pulang Pisau Tetapkan Siaga Darurat Karhutla

Must read

Pulang Pisau ,dutametro.com.- Kabut Asap Makin Parah , Pulang Pisau Tetapkan Siaga Darurat Karhutla.Kabupaten Pulang Pisau Provinsi Kalimantan Tengah meningkatkan status kebakaran hutan dan lahan ( Karhutla) dari siaga menjadi siaga darurat seiring dengan semakin pekatnya kabut asap di daerah tersebut.

Pejabat Bupati Pulang Pisau,Hj.Nunu Andriani, meminta seluruh pihak segera berkoordinasi untuk menyikapi kenaikan status kebakaran hutan dan lahan tersebut, Jum’at 29/09/2023.

“Kami berharap semua organisasi perangkat daerah, terkhusus Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan, segera lakukan berbagai antisipasi, seiring semakin pekatnya kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla),” Ungkapnya.

“Jangan sampai terjadi bencana kabut asap pekat karena dapat berdampak pada kesehatan dan perekonomian di kabupaten ini,” lanjutnya.

Dirinya juga meminta kepada OPD terkait untuk segera menyusun rencana antisipasi dan aksi, sebagai upaya meminimalisir dampak dan resiko apabila kabut asap akibat karhutla terus berlanjut.

Seperti Dinas Pendidikan membuat surat edaran yang dipandang perlu terkait waktu masuk dan pulang sekolah untuk peserta didik, termasuk imbauan penggunaan masker dengan menyesuaikan kondisi di kabupaten setempat.

“Begitu juga dengan Dinas Kesehatan dan BPBD dapat melakukan langkah preventif. Baik itu dari sisi aturan maupun dari sisi kebencanaan,” Tutupnya. ( R/ant)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article