Selasa, Mei 21, 2024

Kadis Kominfo Paparkan Penerapan Smart City dalam Ngota RTDI dan RKCI 2023 ITB

Must read

PADANG PANJANG,dutametro.com.-Pemerintah Kota ikut ambil bagian dalam kegiatan Ngobrol Kota (Ngota) pada rangkaian kegiatan Riset Transformasi Digital Indonesia (RTDI) dan Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) Tahun 2023, Selasa (31/10). Kegiatan tersebut berlangsung secara daring.

Kegiatan yang digelar Institut Teknologi Bandung (ITB) ini, diikuti Kepala Dinas Kominfo, Drs. Ampera Salim, S.H, M.Si bersama Sekretaris, Ario Dian Pratama, S.T dan Kabid e-Government dan Teknologi Informasi, Rini Salmirawati, S.Kom, M.Si di ruang VIP Balai Kota.

Ampera dalam paparan yang dipandu moderator, Okyza Maherdy Prabowo ini menyampaikan, dalam penerapan Smart City di Padang Panjang ada Ultimate Daily Application of Padang Panjang (Udajang) yang fiturnya berisi semua informasi seputar kota. Seperti info kuliner, penginapan, wisata, harga pangan, transportasi, ekonomi kreatif, lokasi wifi, info statistik serta pemerintahan dan kepegawaian.

Baru-baru ini, tambahnya, Pemko bekerja sama dengan Ixiono dari Singapura yang berkolaborasi dengan Digivla yang tengah menggarap Padang Panjang Super App. Ini bertujuan meningkatkan beberapa layanan di Padang Panjang seperti, transaksi digital, perparkiran dan database property rumah tangga.

“Sementara untuk layanan informasi masyarakat, kami di Padang Panjang patut berbangga dengan laman informasi Pemko melalui akun Kominfo yang telah menjangkau 33 ribu pengikut. Kalau dipersentasikan melebihi 50 persen jumlah penduduk Kota Padang Panjang,” ungkapnya.

Sementara itu Ario menambahkan, hampir seluruh bidang sudah beralih digital terutama internal pemerintahan maupun layanan publik.

“Untuk mendukung Smart City, Pemko juga mempunyai beberapa program seperti Smart Surau, kerja sama dengan Ruangguru. Kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi dalam program Guru dan Siswa Cerdas serta penyediaan jaringan internet di 42 masjid,” tambahnya. (andes)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article