Sabtu, Februari 24, 2024

Rusia Yakin Indonesia Tak Bakal Memusuhinya Meski NKRI Menjadi Negara Berpengaruh di Dunia

Must read

dutametro.com – Rusia Yakin Indonesia Tak Bakal Memusuhinya Meski NKRI Menjadi Negara Berpengaruh di Dunia.Indonesia disinyalir menjadi lima besar negara kuat dunia di masa depan.Prediksi ini berdasarkan anggapan bahwa perekonomian Indonesia terus meroket meninggalkan negara maju tua saat ini.

Negara maju yang dinilai tua ialah Inggris, Jepang, Swedia hingga Prancis, semua akan dilangkahi Indonesia dalam hal perekonomian.

Presiden Indonesia Joko Widodo bahkan yakin perekonomian negara ini akan melesat jauh karena sudah diprediksi oleh para ahli ekonom.

“Saya percaya perhitungan tersebut karena mereka adalah ekonom kelas dunia.

Bukan saya yang melakukan perhitungan.

Siapa yang meragukan Sri Mulyani? Siapa yang meragukan Darmin Nasution?,” jelas Jokowi dikutip dari Setkab pada 27 Maret 2017 lalu.

Populasi Indonesia mencapai 309 juta jiwa dan akan ada Bonus Demografi dimana 50 persen dari total warganya berusia di bawah 25 tahun yang berarti usia produktif untuk bekerja.

“Indonesia akan memiliki populasi 309 juta orang, pertumbuhan ekonomi sebesar 5-6 persen dan Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar US$9,1 triliun, sedangkan pendapatan per kapita Indonesia diperkirakan mencapai US29.000,” jelas Setkab.

Presiden Jokowi meminta agar ditandai kata-katanya bahwa bangsa Indonesia akan benar-benar jadi negara besar pada 2045 kelak.

“Ini adalah lompatan besar. Namun siapa yang akan berperan? HIPMI. Tandai kata-kataku. Terjadi atau tidak, Insyaa Allah akan terjadi,” kata Jokowi.

Namun tentunya ada halangan yang menghambat Indonesia jadi negara besar.
Yakni potensi konflik China dan AS yang bisa berujung pada perang.
Maka Indonesia harus memainkan kartu diplomatik dua muka mengakrabi keduanya demi kepentingan nasional dalam negeri.

Nikel bisa menjadi alat diplomasi paling manjur bagi Indonesia.Persaingan halus antara Widodo dengan Amerika dan Tiongkok mengenai nikel terjadi di tengah persaingan geopolitik yang ketat,” jelas Financial Times pada 15 November 2023.

Jelas saja apa yang dilakukan Indonesia sungguh beresiko jika salah langkah.

Tapi bila langkahnya tepat, keuntungan bertubi-tubi menghujani Indonesia.
Rusia yang melihat kelakuan Indonesia benar-benar dibuat takjub.

Indonesia, negara yang berumur 78 tahun ini mampu bermain cantik memelihara hubungan diplomatik yang stabil dengan adidaya dunia.

Bahkan Rusia yakin Indonesia akan jadi negara berpengaruh dunia dan tak bakal mengambil sikap bermusuhan kepada Moskow.

“Meningkatnya pusat pengaruh mulai dari India hingga Turki, dari Arab Saudi hingga Indonesia, dari Argentina hingga Nigeria, dan lainnya, semakin menekan permasalahan keadilan di dunia.

Umpan balik dari PBB menunjukkan bahwa meskipun negara-negara Barat memusuhi Rusia, namun dunia tidak memusuhi Rusia,” jelas Russian Council pada 22 September 2023.

Rusia dan Indonesia tentu tetap ingin mempertahankan hubungan diplomatik yang saling menghormati, begitu pun dengan negara lainnya.*

Sumber Zona

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article