Sabtu, Juli 13, 2024

Pekan Budaya 50 Kota Resmi Dibuka.DisTanHorbun Ciptakan Benih Unggul Jagung Dan Padi

More articles

 

LimapuluhKota,Duta Metro.com-, Baralek Gadang Pekan Budaya LimapuluhKota yang dipusatkan di Taman Mahkota Berlian,Resmi dibuka Bupati Safaruddin Dt Bandaro Rajo Senin (1/7) kawasan kantor bupati,mulai ramai dikunjungi Warga karena banyak berdiri stand dan Hiburan Tradisional yang terkesan menarik untuk dijajaki bagi warga yang berkunjunh

Yang Paling menarik untuk dikunjungi, yakni Stand Dinas Pertanian dan Tanaman Holtikultura dan Perkebunan (Distanhortbun) Limapuluh Kota. Pasalnya, selain menampilkan hasil pertanian terbaik, stand ini juga menyediakan beberapa bibit unggul hasil binaan dinas setempat yang dapat dibeli oleh masyarakat.

Kepala Distanhortbun, Witra Porsepwandi, S.Pi kepada media ini menyebutkan, bagi masyarakat yang datang berkunjung juga diberikan edukasi teknologi informasi, seperti teknik penanaman, pengolahan lahan hingga pemilihan bibit yang baik.

“Salah satunya yang kami edukasi,seperti teknik penanaman padi Jarwo, yakni pola bertanam padi yang berselang-seling antara 2×1 atau 4×1, artinya dua atau empat baris tanaman padi dan satu baris kosong. Dengan teknik ini, hasil panen berlimpah dan memiliki jumlah rumpun yang banyak yang dapat meningkatkan pendapatan bagi petani,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga bekerja sama dengan beberapa mitra dan produk pertanian untuk ikut andil dalam kegiatan ini, dalam menyediakan beberapa kebutuhan bagi petani, seperti benih, pupuk, racun dan obat-obat-obatan. bedanya, dengan yang ada dipasar adalah harga yang dijual jauh dari harga pasaran dengan barang yang berkualitas.

Salah satu mitra tersebut yakni, PT Agro Zuriat Mandiri salah satu perusahaan yang menyediakan benih atau bibit unggul, yang Kegiatan dan produksi benihnya langsung dilakukan di Nagari Situjuah Batua Kabupaten Limapuluh Kota.

“Ini juga sebagai upaya dari Distanhorbun dalam pengembangan hasil produk asli Limapuluh Kota, yang kualitasnya benihnya mampu bersaing dengan produk-produk lain, ” ucap Witra didampingi Direktur PT Agro Zuriat Mandiri Ir. Rasidin Azwar, M.Sc., PhD., APU,.

Ia berharap melalui stand pekan budaya ini, nantinya mampu menarik minat masyarakat untuk lebih dekat dengan dunia pertanian, semoga konsep edukasi yang diberikan dapat meningkatkan kreatifitas masyarakat dalam bertani, ujar Witra.(Yon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest