Kamis, Mei 30, 2024

MELALUI RAPAT PARIPURNA HJK KE – 233 KOTA PADANG PANJANG, KETUA DPRD, MARDIANSYAH : “SAMPAIKAN SEBUAH HARAPAN BESAR”

Must read

PADANG PANJANG, dutametro.com. –MELALUI RAPAT PARIPURNA HJK KE – 233 KOTA PADANG PANJANG, KETUA DPRD, MARDIANSYAH : “SAMPAIKAN SEBUAH HARAPAN BESAR”. Peringatan Hari Jadi Kota (HJK) Padang Panjang ke-233 melalui Rapat Paripurna DPRD yang digelar setiap tahun, merupakan bentuk kecintaan dan kebanggaan kita bersama kepada Kota Padang Panjang ini.

Demikian diutarakan Ketua DPRD, Mardiansyah, A.Md saat membuka Rapat Paripurna HJK ke-233, Jumat (1/12) di Gedung DPRD.

Tagline “Padang Panjang Unggul dan Sejahtera”, katanya, dengan harapan Kota Padang Panjang semakin unggul dalam segala hal, semakin sejahtera warganya serta semakin maju perekonomiannya.

“Pelaksanaan yang sederhana ini diharapkan tetap mampu menumbuhkan semangat baru untuk perbaikan dan penyempurnaan program-program pembangunan yang telah dilakukan,” tuturnya.

Disampaikan Mardiansyah, di tengah kondisi keuangan daerah yang masih terbatas dan memasuki tahun politik, kita masih punya harapan untuk tetap bekerja dengan baik, penuh dedikasi dan sinergi. Demi kemajuan dan kesejahteraan warga kota.

Sebagai mitra, tambahnya, DPRD memiliki fungsi pengawasan sekaligus juga mengingatkan Pemko dalam hal pencapaian target-target pembangunan yang telah ditetapkan.

Target pertumbuhan ekonomi 2024 adalah 5,20%, tingkat kemiskinan 4,24% dan tingkat penggangguran sebesar 4,43%. Ini memerlukan kerja keras Penjabat (Pj) Walikota beserta seluruh OPD.

“Sebagai lembaga legislatif, masukan dari para tokoh masyarakat, pemimpin kota sebelumnya, alim ulama, ninik mamak, akan tetap menjadi bahan pertimbangan bagi kami.

Sehingga lebih baik lagi dalam melakukan pengawasan terhadap program kegiatan agar terlaksana dengan baik dan bermanfaat bagi warga kota. Mari kita bekerja bahu-membahu demi Padang Panjang Unggul dan Sejahtera,” tutup Mardiansyah.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Wali Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si dalam sambutannya menyampaikan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) meningkat dari 77,97 pada 2021 menjadi 78,78 pada 2022.

Angka tersebut lebih tinggi dari Provinsi Sumbar yang sebesar 73,26. “Pada 2023 ini IPM ditargetkan dapat mencapai 78,97,” katanya.

Pertumbuhan Ekonomi, lanjut Sonny, meningkat dari 3,46% pada 2021 menjadi 4,39% pada 2022. Angka tersebut lebih tinggidari provinsi yang sebesar 4,36%. Pada 2023 ini pertumbuhan ekonomi ditargetkan dapat mencapai 4,91%.
Dikatakannya lagi,

Indeks Reformasi Birokrasi Kota Padang Panjang, telah mengalami peningkatan dari 55,19 pada 2021, menjadi 59,4 pada 2022. Ditargetkan mencapai 59,5 pada 2023. Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah atau SAKIP Padang Panjang juga mengalami kenaikan. Dari nilai 61,95 dengan predikat B pada 2021, menjadi 62,91 pada 2022.

Ditargetkan dapat meningkat menjadi 63,10 pada 2023.

“Opini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap laporan keuangan Pemerintah Daerah, alhamdulilah dapat dipertahankan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama tujuh kali berturut-turut. Hal ini menunjukkan stabilitas kinerja pengelolaan keuangan daerah yang baik dan memenuhi standar di Padang Panjang,” ujarnya.

Semua capaian ini, sebut Sonny, tidak terlepas dari perbaikan-perbaikan yang telah dilakukan dalam aspek pelayanan pemerintahan. Seperti penerapan smart city dengan pemberlakuan layanan-layanan online dan berbasis aplikasi.

Kemudian layanan perizinan online, administrasi kependudukan online, sistem pengaduan online, elektronifikasi transaksi Pemerintahan Daerah (cashless), Smart Hospital RSUD Padang Panjang, Call Center 112 dan lainnya.

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) diwakili Staf Ahli Bidang Pembangunan Kemasyarakatan dan Sumberdaya, drh. Eri Rinaldi, M.M mengucapkan selamat atas HJK Padang Panjang ke-233. Menurutnya kemajuan pembangunan di Padang Panjang terus terwujud sampai saat ini.

Beliau mengajak masyarakat Padang Panjang bisa menghadapi berbagai persoalan dan tantangan ke depan. “Jawab tantangan dengan karya. Tunjukan melalui masyarakat Padang Panjang dan Pemko sebagai pengelola pemerintahan yang tangkas, terukur mewujudkan kesejahteraan,” ucapnya.

“Semoga dengan semangat peringatan HJK akan mampu memberikan motivasi yang lebih tinggi kepada seluruh aparatur pemerintahan dan masyarakat untuk membangun kota ke depannya,” tutur Eri Rinaldi.

Dalam rapat paripurna peringatan HJK ke 233 Padang Panjang ini, Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Bukit Surungan, Faiz Fauzan El Muhammadi Datuak Bagindo Marajo mengimbau untuk selalu menjaga dan menyelamatkan marwah Kota Padang Panjang, serta membangkitkan kembali Adaik Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

“HJK hakikatnya merupakan peringatan, sejauh mana amanah yang dititipkan dapat dipertanggungjawabkan di dunia dan akhirat. Kita memohon kepada Allah selalu diingatkan akan kebenaran dan menguatkannya serta mampu mencegah kemungkaran,” ucap Faiz Fauzan.

Perkembangan pembangunan di Kota Padang Panjang dari waktu ke waktu terus mengalami kemajuan. Berbagai capaian-capaian penting yang diraih selama kurun waktu terbentuknya Padang Panjang sampai dengan saat ini, kiranya cukup untuk menggambarkan seberapa besar potensi dan kondisi daerah ini.

“Kita harus bisa menjawab tantangan dengan karya nyata. Kita tidak boleh berhenti berkreasi, berinovasi dan berprestasi. Mari kita tunjukkan bahwa masyarakat Padang Panjang adalah masyarakat yang kuat,” ajaknya.

Pada momentum Rapat Paripurna ke-233 ini, Pemko turut menyerahkan Pin Emas kepada 10 tokoh masyarakat yang dinilai berjasa terhadap pembangunan kota di berbagai bidang.

Adapun 10 tokoh penerima Pin Emas ini di antaranya, Hamzah, M.Sn (Bidang Seni Budaya dan Adat Istiadat), Esa Ahmadi, SIQ, S.Pdi (Bidang Keagamaan), H. Sehabuddin, S.H, M.M.Pd (Bidang Sosial Kemasyarakatan), Yulastri Yanti (Bidang Lingkungan Hidup), Feri Ferdiansyah (Bidang Kepemudaan dan Olahraga).

Kemudian H. Ali Usman Suib, S.E (Bidang Koperasi, Dunia Usaha dan UMKM), Widiyanti, M.Sn (Bidang Koperasi, Dunia Usaha dan UMKM), Dalvi, M.Pdi (Bidang Pendidikan), Yosi Purwasari, S.Pd (Bidang Pendidikan) dan Adrianti, A.Md.Keb (Bidang Kesehatan). ……… ( Pulkani Zainur ).

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article