Sabtu, Februari 24, 2024

Dharmasraya Segera Miliki Pasar Rakyat Modern Seluas 5 Hektar

Must read

Dharmasraya,dutametro.com.-Dharmasraya Segera Miliki Pasar Rakyat Modern Seluas 5 Hektar.Kabupaten Dharmasraya akan segera memiliki pasar rakyat yang berkonsep modern di Nagari Sungai Rumbai. Hal tersebut ditandai dengan pelaksanaan Groundbreaking oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaaan, bersama Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumbar, Jum’at (02/02/2024).

Pasar ini berdiri di atas tanah seluas sekitar 5 Hektare, dengan luas bangunan 12.256 m2 dan direncanakan dibagun dua lantai. Lokasi pembangunan persis di persimpangan jalan menuju Kabupaten Solok Selatan yang baru dibuka.

Bupati Sutan Riska dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Presiden Joko Widodo, karena proyek ini merupakan proyek besar yang kesekian kali yang dikucurkan pemerintah pusat kepada Kabupaten Dharmasraya.

“Ini merupakan kepercayaan yang luar biasa kepada kita, mudah-mudahan apa yang sudah dibangun dan dipercayakan pemerintah pusat kepada kita dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya demi kesejahteraan masyarakat,” ungkap Sutan Riska.

Selain itu apresiasi tak lupa diberikan Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia itu kepada seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, baik yang terlibat langsung atau tidak langsung atas pembangunan pasar modern ini.

“Apresiasi kami berikan kepada OPD terkait beserta seluruh jajaran. Selain itu juga kepada pimpinan dan anggota DPRD Dharmasraya atas kerjasama yang baik selama ini dalam membangun Dharmasraya,” lanjutnya.

Dirinya berharap, pasar modern ini akan menjadi legacy yang baik pemerintahannya terhadap peningkatan ekonomi masyarakat Kabupaten Dharmasraya dan kawasan sekitarnya ke depan.

“Kalau akses ke Solok Selatan hingga Pesisir Selatan selesai dibangun, tentu pasar ini akan menjadi salah satu penunjang Sungai Rumbai dan Kabupaten Dharmasraya menjadi salah satu sentra pertumbuhan ekonomi,” terangnya.

Sementara itu Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Barat yang diwakili staf PPK- Ivan P Setiadi mengatakan, Proyek Pembangunan Pasar Kabupaten Dharmasraya di Sungai Rumbai merupakan satu-satunya di Sumbar pada tahun anggaran 2024.

Diterangkan, Pembangunan Pasar di Sungai Rumbai merupakan salah satu tugas tambahan yang berikan Presiden Joko Widodo kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat rapat terbatas di Istana Bogor tahun lalu.

Dirinya menjelaskan, pembangunan Pasar Dharmasraya di Sungai Rumbai diperkirakan akan menelan biaya hampir Rp.85 Miliar, yang akan dikerjakan PT. Adhi Persada Gedung.

“Bagunan pasar terdiri dari 2 massa bangunan yaitu pasar kering dengan luas bangunan 9.669 m2 dan pasar basah dengan luas bangunan 1.574 m2. Pasar rakyat modern yang kita bangun ini bisa menampung sebanyak 788 pedagang yang terdiri dari 347 kios, 66 los meja dan 375 hamparan”, tukasnya.

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article