Jumat, Maret 29, 2024

Cerita Sedih Orang Tajir Korut Kabur dari Rezim Kim Jong Un”

Must read

Korea Utara,dutametro.com.-Cerita Sedih Orang Tajir Korut Kabur dari Rezim Kim Jong Un”,Kehidupan itu menurutnya sangat kontras dengan di Korut kala dirinya kembali ke negara itu pada 2008.

Thae, katanya, kuliah di Universitas Kedokteran Pyongyang kala itu. Namun alih-alih berkuliah, dia justru diminta bekerja di lokasi konstruksi dan mengangkut semen.

Selama beberapa waktu terakhir, Korut memang dilanda kekurangan tenaga kerja di seluruh sektor ekonomi mereka. Oleh sebab itu, merupakan hal umum bagi pemerintah untuk memerintahkan mahasiswa, bahkan anak sekolah, melakukan pekerjaan kasar dengan dalih loyalitas terhadap negara.

Apabila mereka tak patuh, pemerintah bakal menahan jatah makanan maupun mengenakan pajak amat tinggi bagi mereka. Hal itu diungkapkan oleh Laporan Perdagangan Orang tahun 2022 yang diterbitkan Kementerian Luar Negeri AS.

Ketika anak-anaknya mulai memahami dan mempertanyakan korupsi dan ketidakadilan yang mengakar di Korut itu, Oh pun sadar bahwa tidak mungkin baginya dan keluarga untuk menetap di Korut sepanjang hidup mereka.

Saat ini, Oh dan keluarganya resmi membelot dari Korut. Dia kini tinggal di Seoul bersama keluarga kecilnya. Putranya, Thae, bahkan menjadi anggota parlemen pertama dari Korut.

Thae merupakan anggota parlemen dari partai konservatif People Power.

Kendati telah meninggalkan Korut, Oh mengaku tetap memikirkan nasib sanak saudaranya yang masih berada di sana. Sebab yang ia tahu, kerabat pembelot bakal dihukum oleh rezim Kim Jong Un.

Dia bahkan tak bisa sekadar menanyakan kabar keluarganya karena akses dari Korsel ke Korut telah diblokir.

“Apakah mereka membenci saya? Apakah mereka iri pada saya? Atau mungkinkah mereka mendukung keputusan saya?” ucapnya sambil menyeka air mata.

Souce:CNN Indonesia

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article