Minggu, Juli 21, 2024

Ketua MRPTNI Prof. Ganefri: Perguruan Tinggi Sebagai Ranah Aktualisasi Nilai- Niilai Kebudayaan Bangsa

More articles

Padang –Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) Prof. Ganefri, Ph.D, yang juga Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) dalam Sarasehan Kebudayaan 2024 dengan tema Kontribusi Perguruan Tinggi dalam Penguatan Nilai-Nilai Kebangsaan Berbasis Kebudayaan di Auditorium UNS Solo 5-6 Maret 2024 mengatakan dalam sambutannya

“Ada Peran Perguruan Tinggi (PT) dalam Penguatan nilai-nilai Kebangsaan yakni dalam edukasi nampak pada afektif, kognitif dan psikomotor. Selanjutnya terintegrasi dalam mata kuliah tertentu, kemudian terafliasi melalui kegiatan kemahasiswaan, sehingga Perguruan Tinggi di Indonesia menjadi wadah pelestarian dan pengembangam budaya bagsa. Di samping Perguruan Tinggi juga intens mengajarkan seni budaya bangsa seperti Institut Seni dan Fakultas bahasa, Seni dan kriya yang ada di ratusan PTN atau PTS di Indonesia” tegas Rektor UNP ini.

Plt Dirjen Dikti Prof. Nizam ketika membula kegiatan mengatakan ” Dibutuhkan beberapa kebjikan baru untuk mempertegas posisi Perguruan Tinggi dalam aktualisasi nilai- nilai kebangsaan di tengah krisis budaya bangsa, karena tekanan budaya asing yang belum cocok dengan budaya kita makin jelas. Maka perlu memperkuat lembaga pendidikan, baik dalam kurikulum, penganggaran dan riset agar kebudayaan terus berlanjut dan peradaban bangsa berkembang dengan nilai- nilai budaya bangsa”

Kegiatan sarasehan kebudayaan ini diikuti oleh 500 peserta dari unsur Rektor PTN/PTS, delegasi Perguruan Tinggi, budayawan, seniman serta dosen. Acara ini diselenggarakan atas kolaborasi UI, UNS, UNUSIA, MRPTNI dan LPDP (Er/ Humas UNP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest