Hari ke 3 Libur lebaran, Destinasi  Wisata Unggulan Kabupaten Tanah Datar Diserbu Puluhan Ribu Pengunjung 

oleh -35 Dilihat

Tanahdatar, Dutametro-Memasuki hari ketiga liburan hari raya Idul Fitri Rabu (04/05) , destinasi wisata unggulan Kabupaten Tanah Datar dikunjungi puluhan ribu wisatawan, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Tanah Datar siapkan 10 Destinasi Wisata Unggulan.

Kesepuluh Destinasi wisata unggulan tersebut adalah: Istano Basa Pagaruyung, Panorama Aua Sarumpun, Nagari Tuo Pariangan, Tanjung Mutiara, Panorama Puncak Pato, Air Terjun Lembah Anai, Batu Angkek-angkek, Panorama Tabek Patah, Aia Angek Padang Gantiang dan Tenun Pandai Sikek.

Hal ini disampaikan oleh Kadisparpora Tanah Datar, Hendri Agung Indrianto, Rabu sore (04/05), ketika menerima rekap jumlah pengunjung objek wisata dari petugas  Disparpora yang ditugaskan piket di lokasi top wisata unggulan.

Dikatakan Hendri Agung, jumlah kunjungan wisatawan tersebut kita catat dari jumlah tiket masuk yang terjual pada hari itu dan akan terus kita kumpulkan sampai berakhirnya libur lebaran tahun ini. 

“Di hari pertama liburan lebaran jumlah pengunjung dari 10 Top Destinasi Wiasata tercatat sebanyak 5.211 dan jumlah tersebut melonjak 300% pada hari kedua sebanyak 15.121 pengunjung dan terus meningkat pada hari ke 3 sebanyak 17.377 pengunjung, kita perkirakan  jumlah tersebut akan terus meningkat mengingat masih lamanya waktu liburan panjang tahun ini,” ujar Hendri Agung.

Dijelaskannya, jumlah pengunjung terbesar sampai saat ini berada di kawasan Istano Basa Pagaruyung yang sudah menerapkan e-tiketing untuk tiket masuk, dengan jumlah tiket terjual mencapai angka 21.635 tiket, dengan rincian harga tiket Rp.15.000 / dewasa, Rp.7.500/anak-anak dan Rp. 25.000 untuk wisatawan mancanegara, dengan total jumlah retribusi sampai hari kemarin sebanyak Rp. 284.561.500,-

“Kita harapkan jumlah tersebut terus bertambah besar sampai akhir liburan lebaran ini” harapnya

“Untuk menyambut libur lebaran ini,  Jauh hari kita telah persiapkan semua Top Destinasi Wisata Unggulan  di Kabupaten Tanah Datar, masukan dari bapak Bupati dan forkopimda kita laksanakan, sarana dan prasarana dilokasi objek wisata kita benahi, mulai dari Parkiran, Toilet, Mushala, tempat istirahat serta kebersihan objek kita tekankan harus siap semua, karena kita harus memberikan pelayanan dan kenyamanan yang baik kepada wisatawan, dan yang terpenting kepada petugas kita sampaikan supaya memberikan pelayan yang baik dan ramah agar  tercipta rasa nyaman pengunjung untuk betah berlama-lama di lokasi objek wisata yang berdampak juga kepada sektor ekonomi kreatif di lokasi objek wisata,” Terangnya.

Selain diawasi oleh pengelola objek wisata setempat, selama libur lebaran ini kita juga tempatkan 2 orang per hari pegawai Disparpora disetiap top destinasi wisata untuk memastikan kelancaran dan keamanan pengunjung.

Lebih lanjut, Hendri Agung menjelaskan kita patut bersyukur atas apa yang telah diberikan Allah SWT kepada Masyarakat Tanah Datar yang memiliki 10 top destinasi wisata unggulan, potensi ini akan terus kita kembangkan kedepannya baik dengan menggandeng pihak BUMN dan swasta maupun Pokdarwis yang sudah ada.

Ditambahkan Hendri Agung, selain 10 top destinasi wisata, Pemkab Tanah Datar juga menggelar Event Sepekan Alek Anak Nagari Andaleh Baruh Bukit yang diselenggarakan tanggal 4 Mei s/d 10 Mei 2022 di Nagari Andaleh sekaligus even perdana Satu Nagari Satu Even Tahun 2022 dan Alek Pacu Jawi,  di Kecamatan Rambatan pada tanggal 7, 14, 21 dan 28 Mei 2022 yang juga menarik  dikunjungi wisatawan dan perantau Minang.

Terakhir Hendri Agung meminta kepada semua petugas yang ada di lapangan agar konsisten dalam menjalankan tugas ketertiban dan kenyamanan dan kepada pengunjung agar selalu menjaga ketertiban dan keamanan mengingat membludaknya jumlah wisatawan dan tetap menjaga protokol kesehatan. Mnh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.