Baznas Gelar Sosialisasi Bersama OPD Pasaman Barat

oleh -61 Dilihat
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasaman Barat melaksanakan Sosialisasi dan Silaturahmi bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) (Foto Syafrizal)
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasaman Barat melaksanakan Sosialisasi dan Silaturahmi bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Daerah Pasaman Barat, Selasa (6/12/2022) di aula kantor bupati setempat.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Ketua DPRD Pasbar, Erianto Staf Ahli Bidang Pemerintahan Imter, Kemenag Pasbar yanh diwakili Ronaldi, OPD, dan Amil pelaksana Baznas Pasbar serta stakeholder terkait.

Bupati Pasaman Barat melalui Staff Ahli Bidang Pengembangan Ekonomi dan Pembangunan Imter, menyampaikan terima kasih atas kerja sama dari seluruh pihak terkait pengelolaan Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) yang di kelola oleh Baznas Pasbar.

“Baznas Pasbar sudah banyak melakukan perubahan yang lebih baik, kepada OPD diminta untuk meningkatkan sinergitas dengan Baznas agar pengumpulan zakat lebih banyak nantinya, sehingga banyak masyarakat yang dapat terbantu,” katanya.

Senada dengan itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pasbar, Erianto pada kesempatan tersebut juga menyampaikan apresiasi kepada pihak Baznas dan OPD yang hadir. Ia juga menegaskan bahwa pihaknya sangat mendukung program pengentasan kemiskinan umat.

“Beberapa waktu lalu kami sudah menfasilitasi Baznas untuk bertemu dengan pihak perusahan kelapa sawit yang ada di Pasbar, kami juga sudah menginstruksikan Pemda untuk menyurati perusahan terkait ZIS ini,” jelasnya.

Ia berharap ke depan sosialisasi tersebut bisa lebih ditingkatkan selaras dengan kegiatan sosial dan keagamaan dalam agenda Pemda Pasbar, karena ia menilai Baznas Pasbar sudah banyak melakukan perbaikan.

“Bantuan berobat di RSUD Pasbar sudah ada kerjasama dengan Baznas Pasbar, artinya ini merupakan suatu trobosan baru. Begitu juga terkait RTLH Baznas sudah banyak melakukan pembangunan,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Pasbar Muhajir mengatakan, kegiatan ini didasari atas beberapa aturan dan regulasi tentang zakat, seperti PP dan Perda lainnya terkaitan tentang ZIS.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan tentang zakat. Untuk itu, terima kasih kami ucapkan kepada perwakilan OPD yang hadir, karena kekuatan Baznas salah satunya berada ditangan OPD dan lembaga lainnya dalam hal pengumpulan, pengelolaan dan penyaluran zakat,” katanya.

Lebih lanjut Muhajir, berharap kedepannya sinergitas antara OPD dan Baznas semakin ditingkatkan agar berorientasi pada pengelolaan yang lebih baik.

“Harapan saya kedepan sinergitas antara OPD dan Baznas semakin ditingkatkan agar berorientasi pada pengelolaan yang lebih baik, karena pengentasan kemiskinan menjadi tanggung jawab kita bersama,” harapnya.

Wakil Ketua I Bidang Pengumpulan Zakat Baznas Pasbar, Sutarman menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja sama yang baik dari OPD di lingkungan Pemda Pasbar.

“Tentunya kerja sama ini merupakan kegiatan yang mendukung visi-misi Pemda Pasbar, kedepan mari kita benahi bersama dimana letak kekurangannya,” ucap Sutarman.

Menurutnya penyaluran zakat itu lebih baik melalui Amil (Baznas) sesuai dengan aturan Syariah dan perundang-undangan yang berlaku sekaitan dengan Zakat, Infaq dan Zakat (ZIS).

“Saat ini Baznas Pasbar telah membuat lima UPZ Nagari Percontohan yakni Nagari Kinali, Nagari Sasak, Nagari Lingkuang Aua, Sungai Aua dan Ujung Gading, dan tugasnya sesuai dengan Tupoksi UPZ yang telah ditetapkan,” jelasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.