Walikota Sawahlunto Deri Asta,SH. Dan Ketua LKAAM Ir, Dahler, M,Si Hadiri Alek Batagak Panghulu Nagari Talago Gunung

oleh -113 Dilihat

Prosesi pengangkatan dan peresmian Panghulu Andiko Rumah Panjang Suku Nan Anam, kanagarian Talago Gunung menggelar perhelatan “Alek Batagak Panghulu” di Desa Talago Gunung Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto, Minggu ( 9/1/2022).

Batagak panghulu merupakan upacara adat Minangkabau dalam rangka meresmikan seseorang menjadi penghulu yang berpedoman kepada petitih adat “Maangkek rajo sakato alam, Maangkek penghulu sakato kaum”.

Pengangkatan penghulu dapat juga dilakukan dengan pedoman Hiduik bakarilaan, Mati batungkek budi artinya, jika seseorang penghulu sudah tidak mampu lagi menjalankan tugasnya, mungkin karena kesibukan lain/mungkin karena kesehatan tidak mengizinkan/mungkin karena bekerja di rantau dan sebagainya, maka dia boleh menyerahkan jabatan itu kepada calon penggantinya.

Alek Batagak Panghulu Kenagarian Talago Gunung yang terdiri dari empat suku yaitu Suku Kutianyia, Patopang, Piliang dan Nan Anam ini diselenggarakan untuk meresmikan pengangkatan “Panghulu Andiko Rumah Panjang Suku Nan Anam” yang baru, Adi Arisman, A.Md, RO. Dt. Panghulu Sati menggantikan pangulu sebelumnya karena sudah Uzur.

Ketua LKAAM Sawahlunto, Ir.Dahler, Dt. Panghulu Sati, M,Si dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat atas penyelenggaraan prosesi batagak pangulu ini.

“Semoga kedepan peran serta Ninik Mamak dapat lebih dominan serta benar-benar dapat menjalankan tugas dalam mengangkat martabat para Panghulu ditengah-tengah kehidupan bermasyarakat, baik itu menyangkut perkara adat dan limbago adat maupun dalam lingkup Sosial kemasyarakatan secara umum di Kota Sawahlunto”, pungkas Ir.Dahler.

Walikota Sawahlunto Deri Asta, SH Rangkayo Mudo Dirajo dalam kesempatan Alek Nagari itu, juga mengucapkan selamat atas dilantiknya Pangulu Andiko Rumah Panjang Suku Nan Anam yang baru oleh ketua Kan Talago Gunuang .

“Sesuai dengan Visi dan Misi kami 2018-2023, urusan Agama dan Adat kami letakkan pada misi pertama. Khusus tentang program adat, kami bersama LKAAM dan KAN sekota Sawahlunto selalu berupaya meningkatkan pengetahuan adat terhadap Ninik Mamak dengan melaksanakan pelatihan-pelatihan adat, Studi Komparatif dan lainnya”, papar Deri Asta.

“Kepada Adi Arisman, A.Md,RO. gelar Dt. Panghulu Sati kami ucapkan selamat, semoga dapat menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya”, kata Deri Asta Rangkayo Mudo Dirajo.

Hadir dalam acara Alek Nagari tersebut Ketua KAN Alizar, Dt.Malin Panghulu,
Asisten.2 Drs. Marwan, M.Pd, Kepala Dinas Sosial PMDPPA Efrianto, S,Sos, M,Si, Kepala Dinas Kebudayaan Peninggalan Bersejarah Dan Permuseuman Kota Sawahlunto di wakili oleh Kabid Kebudayaan Sarlina Putri, M,Par, Sekretaris Dinas Sosial PMDPPA Sardiana, SH, Camat Kecamatan Barangin Subandi Arpan, SH, Kepala Desa Talago Gunung Ismed Ulya, S.P, Ninik Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang dan masyarakat adat serta warga kenagarian Talago Gunung, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto. (An)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.