Kamis, Mei 30, 2024

Rakornas Pengendalian Inflasi, Mendagri Sebut Dua Komuditi Penyumbang Angka Inflasi

Must read

Kota Solok.Dutametro.com -Rakornas Pengendalian Inflasi, Mendagri Sebut Dua Komuditi Penyumbang Angka Inflasi, Dalam memimpin Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi, Rabu 8 Februari 2023, Menteri Dalam Negeri, H.Muhamad Tito Karnavian, memberikan signal terkait dua komoditas barang yang menjadi penyumbang angka inflasi.

Dikatakan dalam Rakornas, pemerintah daerah melalui instansi terkait harus memperhatikan kenaikan harga Beras dan Minyak Goreng, karena dua komuditas itu akan mempengaruhi angka inflasi terutama akan memasuki bulan Ramadhan nanti.

Menurut Mendagri,dalam Rakornas intervensi pemerintah pusat kepada seluruh pemerintahan provinsi dan pemerintah daerah, baik kota maupun kabupaten harus dijalankan.

Dikatakannya, dalam memaksimalkan pengendalian inflasi, perlu adanya sinergitas yang terbangun dengan baik dan tersistim antara seluruh pemerintahan yang ada serta dengan seluruh elemen masyarakat.

Pengendalian Inflasi juga perlu adanya terobosan bersama untuk pengendalian inflasi yang didasari oleh inovasi yang inovatif, kata Mendagri menegaskan.

Lebih jauh mantan Kapolri itu menegaskan, seluruh pemerintahan kabupaten atau kota juga perlu melakukan sembilan langkah pengendalian inflasi. Dan hal itu dijalankan dengan membangun kekompakan bersama, antara tim pengendalian inflasi daerah (TPID), serta memaksimalkan Satgas Pangan dikabupaten dan kota.

Terkait dengan sembilan langkah pengendalian inflasi tersebut, Mendagri menyebutkan, bukan sudah atau belum dilakukan, tapi apakah langkah itu tepat sasaran atau tidak tepat sasaran.

Diakhir paparannya, H.Tito Karnavian kembali menghimbau seluruh pemerintah daerah agar terus menekan angka inflasi didaerahnya masing masing. Sehingga target inflasi nasional sebesar 3 – 4 % bisa tercapai pada tahun 2023. (F.S)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article