Ngabuburit Asyik di Kebun Lengkeng warga, Bisa Langsung Petik Untuk Buka Puasa

oleh -67 Dilihat

Situbondo.Duta metro. Banyak cara warga untuk mengisi waktu luang mereka sembari menunggu saatnya berbuka puasa di bulan ramadan ini.

Antaranya ngabuburit yang dilakukan oleh warga di Dusun / Desa Paowan, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur.yang menghabiskan waktu jelang berbuka dengan mengunjungi kebun Kelengkeng milik warga. 

Lokasi tepatnya berada di sebuah Dusun Paowan, Panarukan itu menyuguhkan spot wisata yang menyegarkan, di mana selain bisa memetik sendiri buah Kelengkeng dari pohonnya, para pengunjung juga bisa berfoto dengan berlatarkan buah Lengkeng yang siap panen.

Joniadi (46) selaku ketua kelompok tani hortikultura sekaligus pemilik kebun Kelengkeng saat ditemui. mengatakan, bahwa di tempatnya tidak hanya untuk berwisata desa, melainkan pengunjung juga dapat berkonsultasi bagaimana cara menanam bibit Kelengkeng tepat atau dikenal buah Lengkeng dengan cara yang baik.

” Agar warga senang berkunjung, saya berbagi tips cara menanam bibit Lengkeng dengan cara yang baik, “ungkap joniadi. Jumat 08/4/22 sore.

Pihaknya mengatakan, pengunjung kebun Lengkeng semakin meningkat, terlebih ketika menjelang adzan magrib tiba.

” Biasanya warga berkunjung disela-sela mereka melakukan ngabuburit, mereka ke sini untuk sekadar berfoto selfie sambil memetik buah Lengkeng untuk dijadikan menu buka puasa, “kata Jon panggilan akrab pria 46 tahun ini.

Kebun Kelengkeng dengan luas 5 are ini sengaja dikemas Joniadi dengan konsep yang cukup alami, tujuannya agar para pengunjung betah dan dapat menikmati buah Lengkeng dengan berbagai jenis, diantaranya Kelengkeng Merah, Kelengkeng Aroma Durian, Kelengkeng Puang Ray, Kelengkeng Pingpong, Kelengkeng Diamond River dan Kelengkeng Matalada.

” Disini banyak varian Kelengkeng yang kita sediakan, namun yang paling banyak dicari seperti Kelengkeng Merah dan Matalada, ” ujarnya.

Joniadi mengaku akan mengoptimalkan kebun tersebut agar bisa lebih menarik pengunjung dengan menyiapkan ratusan bibit Kelengkeng impor dan banyak lagi lainnya yang berasal dari Timur Tengah.

” Bibit ini sebagian juga kita siapkan untuk dijual ke para pengunjung, “ungkap Jon.

Bahkan harga tips petik buah langsung di kebun Kelengkeng juga sangat terjangkau yaitu hanya Rp 30.000 per kilonya untuk dibawa pulang, pengunjung pun bisa menikmati sejuknya suasana kebun Kelengkeng. 

Sementara itu, Tuffa Niatul Hasanah (32) warga setempat saat mengunjungi Kebun Kelengkeng milik Joniadi mengaku senang berkunjung, terlebih di bulan ramadan kali ini.

” Di sini bagus, jadi selain kita bisa memetik buah Lengkeng untuk berbuka puasa, suasana sejuk juga semakin menambah kesegaran kita selama seharian berpuasa, “tutur Tuffa.

Di sisi lain Tuffa Niatul Hasanah dan pengunjung yang lain bernama Sumarni (66) asal Desa Besuki mengatakan, disini juga bisa mendapatkan ilmu menanam Kelengkeng dengan cara yang baik, selain memetik langsung buah Lengkeng dari pohonnya.

” Banyak pelajaran tentang cara menanam pohon Lengkeng juga kita dapatkan di sini, “tutupnya. (Sun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.