Sabtu, Februari 24, 2024

Disiarkan Saluran TV Nasional Kamboja, Halal Center UNP dengan Pemerintah Kamboja Tandatangani MoA

Must read

Padang, Dutametro.com – Kunjungan delegasi Pemerintah Kamboja ke UNP dan penandatangan Memorandum of Agreement (MoA) antara lembaga Halal kedua pihak disiarkan oleh Televisi CNC (Cambodian News Channel) Kamboja, (10/8).

CNC (Cambodian News Channel) adalah saluran berita berbahasa Khmer yang berkantor pusat di Phnom Penh. CNC adalah salah satu dari saluran berita teratas di Kamboja.

Penandatangan MoA ini adalah tindak lanjut dari kunjungan Rektor UNP ke Kamboja sebelumnya dan kunjungan balasan dari Pemerintah Kamboja, 1 Agustus 2023 ini.

Halal Center UNP diwakili oleh ketua PKH UNP Miftahul Khair, Ph.D dengan timbalannya delegasi pemerintah Kamboja yang diwakili oleh Mr Nos Sles Ketua Cambodian Muslim Teacher Association (CMTA).

Mr Nos Sles juga adalah anggota Dewan nasional untuk Pengembangan Pemuda sekaligus Ketua Komite Nasional untuk Pendidikan Sepanjang Masa, pada Kementerian Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kamboja.

Penandatangan MoA disaksikan bersama oleh Rektor UNP Prof. Ganefri, anggota dewan pertimbangan presiden RI Agung Laksono, dan Kepala Biro Pemerintahan dan Otda Sumbar Doni Rahmat Samulo.

Sementara dari pihak Kamboja disaksikan oleh Senior Minister in Charge on Special Mission, Neak Oknha Datuk Dr. Othsman Hassan.

Adapun hal yang disepakati dalam MoA ini adalah terkait pemeriksaan halal, pelatihan auditor dan supervisor halal, edukasi halal, pelatihan penyembelihan halal, riset bersama tentang halal, magang mahasiswa dan program beasiswa, partisipasi dalam seminar dan konferensi halal, dan kegiatan lain yang disepakati bersama.

Penandatangan MoU dilakukan setelah delegasi Kamboja menyaksikan presentasi tentang profil dan layanan Halal Center UNP oleh kepala PKH UNP Miftahul Khair, Ph.D pada sesi Focus Group Discussion sebelumnya.

Apresiasi yang tinggi oleh delegasi Kamboja terhadap layanan halal UNP ini disampaikan oleh Mr Raffi Usman dan Mr Sharon dari Cambodian Halal Certification Body CHCB, yang dilanjutkan dengan penandatangan MoA pada gala dinn

er setelahnya. Rombongan kantor Senior Minister in charge of Special Mission sendiri terdiri dari pejabat Kementerian, Urusan Agama Islam, Imam- Imam di beberapa kota di Kamboja, dan Halal Inspection Body Kamboja.

Link liputan berita CNC : https://web.facebook.com/reel/250842241099958

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article