Minggu, September 8, 2024

Mendekati Umur Seabad, Gereja AFY Rayakan HUT ke-98 Tahun 2023

More articles

Nias,dutametro.com.-Badan Pekerja Sinode – Angowuloa Faawosa kho Yesu (BPS -AFY) menyelenggarakan Dirgahayu HUT-ke 98 tahun 2023 dengan mengusung tema Biji yang berkualitas, dilaksanakan di Kantor Sinode AFY, Jln. Arah telukdalam Km. 31.5, Desa Hilibadalu Kecamatan Sogae’adu Kabupaten Nias. Jumat, 10/11/2023.

Secara singkat sejarah kelahiran Gereja Angowuloa Fa’awosa kho Yesu (AFY) didirikan oleh Thomas Lombu, Thomas Lombu adalah seorang suku Nias yang bekerja sebagai mandur jalan pada pemerintahan Kolonial Belanda saat berkuasa di Nias, Thomas Lombu dibaptis pada tanggal 25 Desember 1921 oleh seorang Missionaris dari lembaga Misi Zending (RMG) bertempat di gereja Misi Zending Sogae’adu. Setelah pertobatannya, Thomas Lombu menjadi murid Zending pada tahun 1922.

Kemudian Pada tanggal 9 November 1925, Thomas Lombu saat perjalanan pulang dari pekerjaannya mengalami pengalaman spiritual secara pribadi, sebagai tanda panggilan khusus sehingga mengambil keputusan untuk melayani pekerjaan Tuhan.

Pengalaman khusus itu justru menjadi cikal bakal bagi Thomas Lombu mendirikan persekutuan gereja, dimana pada awal permulaannya gereja AFY hanya berbentuk Persekutuan-persekutuan Doa yang langsung dipimpin oleh Thomas Lombu bersama dengan teman-temannya, selanjutnya Thomas Lombu bersama dengan teman-temannya menetapkan nama persekutuan doa yang telah mereka bentuk itu dengan sebutan Persekutuan Do’a Fa’awõsa.

Didalam khotbah Ephorus AFY, Pdt. Yanto K, Hura. S.Th., mengucapkan terimakasih kepada berbagai pihak atas dukungan hingga terselenggaranya kegiatan ini.

“Kami Badan Pekerja Sinode AFY mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada setiap kita, seluruh jemaat yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan perayaan ulang tahun ke-98, kehadiran dan dukungan Jemaat sungguh menjadi kekuatan dan semangat baru bagi kami, tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata betapa bersyukurnya kami memiliki jemaat yang begitu setia dan penuh semangat, kalian telah menunjukkan cinta dan dedikasi terhadap gereja kita, melalui keikutsertaan kalian di acara perayaan HUT ke-98 AFY yang telah terselenggarakan hari ini.” ucapnya

Yanto Hura menambahkan, Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh Tim Panitia yang telah bekerja keras untuk menyelenggarakan acara dengan rapi dan lancar, tanpa dukungan dan kerja sama rekan-rekan Panitia, acara ini tidak akan menjadi sukses seperti yang kita harapkan bersama, perayaan ulang tahun gereja AFY ke-98 ini bukan hanya sekadar perayaan, tetapi juga merupakan momen penyatuan dan penguatan iman bersama, kami berdoa agar semangat dan kebersamaan yang kita rasakan dalam perayaan ini dapat terus bertahan dan menjadi sumber inspirasi bagi kita semua.” tambahnya

Ketua panitia perayaan HUT Ke-98 AFY Rano Artafat Gulo menyampaikan terimakasih atas dukungan dan kehadiran tamu undangan.

“Terimakasih atas kehadiran dan keringanan langkah tamu – tamu kami, Bupati Nias Yaatulo Gulo, Sabayuti Gulo sebagai Watua I DPRD Kabupaten Nias sekaligus Watua Majelis Sinode dan serta Caleg DPRD Kabupaten Nias dari Partai PDI Perjuangan, Ameyunus Zai sebagai Watua DPRD Nias, Turunan Gulo sebagai Caleg DPR RI, Sokhiatulo Laoli sebagai Mantan Bupati Nias, Fa’atulo Gulo sebagai Caleg DPRD Provinsi, Soziduhu Lombu sebagai Caleg DPRD Provinsi, Odaligoziduhu Lombu sebagai Caleg DPRD Kabupaten Nias dan para hadirin lainnya, kiranya Tuhan senantiasa menyertai kita semua.” ucap Rano
(Herman)

- Advertisement -spot_img

Latest