Minggu, Juni 23, 2024

Desa Lumindai Sawahlunto Bakal Jadi Kampung Zakat

More articles

Sawahlunto, dutametro.com – Desa Lumindai Sawahlunto Bakal Jadi Kampung Zakat.Desa Lumindai Kecamatan Barangin kota Sawahlunto bakal jadi kampung zakat. Untuk persiapannya telah dilakukan sosialisasi oleh kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Sawahlunto kepada Pemerintah Desa dan Masyarakat desa setempat.

Kepala kantor Kemenag Sawahlunto Dedi Wandra menyebut, kampung zakat merupakan salah satu program sinergi antara Ditjen Bimas Islam Kemenag dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas) dan lembaga pengelola zakat lainnya. Kampung zakat sebagai upaya mengentaskan kemiskinan dengan membangkitkan ekonomi umat.
“Dengan program ini melalui Kemenag Sawahlunto akan membantu kampung-kampung zakat agar bisa berkembanh dan bertumbuh sehingga bisa meningkatkan perekonomian umat atau masyarakat setempat melalui optimalisasi dana zakat,” terang dia.

Dijelaskan juga, persiapan kampung zakat Lumindai sudah dilakukan dengan merumuskan program dan stimulan pendanaan untuk usaha produktif yang telah ditetapkan, yakni tenun songket. Selanjutnya akan dilakukan persiapan launching.

Terpisah, Camat Kecamatan Barangin Subandi sangat mengapresiasi yang dilakukan oleh Kemenag tersebut. Dia berharap kampung zakat Lumindai akan dapat mendorong SDM warga setempat terutama memajukan ekonomi produk lokal yang muaranya untuk kesejahteraan masyarakat itu sendiri.(rki)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest