Sabtu, Februari 24, 2024

Pemkab Malang dan Bank Jatim Tandatangani Perjanjian Kerjasama CMS-Siskeudes Link

Must read

Malang, Dutametro.com – Wujudkan pengelolaan keuangan desa yang transparan dan akuntabel, Bupati Malang Drs.H.M Sanusi M,M didampingi Wakil Bupati Malang Drs. H. Didik Gatot Subroto, SH. MH hadiri penandatanganan perjanjian Kerjasama CMS-Siskeudes Link di Wilayah Pemerintah Desa di Kabupaten Malang dan Launching E-Retribusi Parkir dan Tiket Masuk Tempat Wisata Perumda Jasa Yasa di Pendopo Agung Kabupaten Malang pada Jum’at (12/1) pagi. Yang diikuti juga oleh Kepala Bank Indonesia Cabang Malang, Kepala Bank Jatim Cabang Kepanjen, Administratur Perhutani beserta jajaran, jajaran pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Malang serta Camat se Kabupaten Malang.

Berkenaan dengan upaya peningkatan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan desa di Kabupaten Malang, perlu kiranya dilakukan percepatan implementasi transaksi non-tunai pada Pemerintah Desa di wilayah Kabupaten Malang. Dengan disahkannya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, kini desa memiliki kesempatan yang luas untuk mengurus tata pemerintahannya sendiri serta melaksanakan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakatnya. Sejalan dengan hal tersebut, Pemerintah Desa juga diharapkan untuk lebih mandiri dalam mengelola pemerintahan dan berbagai sumber daya yang dimiliki, termasuk di dalamnya pengelolaan keuangan dan kekayaan milik desa.

Dikesempatan tersebut, Bupati Malang H.M Sanusi berharap, Siskeudes Link mampu meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat desa.

Menurut Bupati Malang, Pemerintah Desa (Pemdes) juga diharapkan untuk lebih mandiri dalam mengelola pemerintahan dan berbagai sumber daya yang dimiliki, termasuk di dalamnya pengelolaan keuangan dan kekayaan milik desa.

“Dalam hal ini, Aplikasi Siskeudes ditujukan kepada aparat Pemerintah Desa untuk memudahkan pengelolaan keuangan desa mulai dari tahap perencanaan hingga tahap pelaporan atau pertanggungjawaban, berdasarkan asas transparan, akuntabel, partisipatif, serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran,” ungkap H.M Sanusi di pendopo Agung Kabupaten Malang, Jum’at (12/1/2024).

Bupati Malang juga berharap dapat terjalin sinergi yang saling membangun antara Pemerintah Kabupaten Malang dan Bank Jatim dalam upaya pengelolaan keuangan desa secara non-tunai untuk memperkecil terjadinya penyelewengan terhadap pengelolaan keuangan desa, serta untuk menunjang integrasi Aplikasi Siskeudes dengan aplikasi transaksi non-tunai.

“Hal ini bertujuan untuk memudahkan upaya monitoring dan penyajian pelaporan yang akuntabel dalam transaksi pengelolaan keuangan desa di wilayah Kabupaten Malang,” harap Abah Sanusi.

“Selain untuk mendukung dalam pelaporan secara real time, tentu hadirnya E-Retribusi Parkir dan Tiket ini juga menjadi bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Malang untuk mengupayakan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat. Mengingat, inovasi ini mampu mendokumentasikan proses transaksi tanpa harus mengeluarkan dokumen berharga secara fisik dan semua informasi dapat disimpan secara digital,” tandas orang nomor satu di Kabupaten Malang ini.

Tak lupa, Bupati Malang beserta segenap jajarannya mengucapkan terima kasih utamanya kepada Bank Jatim dan berharap ke depannya seluruh pihak dapat menjalankan hak dan kewajibannya sesuai dengan ketentuan dan jangka waktu perjanjian kerja sama yang telah disepakati bersama pada hari ini.

Sementara itu, Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto yang juga hadir pada kegiatan tersebut menyampaikan bahwa dengan adanya Launching E-Retribusi Parkir dan tiket masuk tempat wisata Perumda Jasa Yasa ini mampu memberikan kemudahan proses pengadministrasian.

“Dan pada akhirnya seluruh pengelolaan keuangan utamanya e ticketing bisa transparan dan tidak ada lagi yang melakukan kecurangan,” pungkas Wabup Malang. Guh

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article