Rabu, Juli 24, 2024

Pj Walikota Instruksikan BPBD Memantau Pepohonan Yang Sudah Tua Dan Mati Yang Berpotensi Tumbang

More articles

 

Payakumbuh,Dutametro.com– Pj Wali Kota Payakumbuh Jasman menginstruksikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dibantu kelurahan untuk memantau pepohonan yang sudah tua dan mati yang berpotensi tumbang serta membayakan.

Hal tersebut disampaikannya usai meninjau langsung ke lokasi pohon tumbang di RT 01/RW 01 Kelurahan Payobasung, Kecamatan Payakumbuh Timur, Kamis (11/01/2024). Hadir dalam kesempatan tersebut Kalaksa BPBD Erizon dan Lurah Payobasung Suci Ariny Heqi.

Pohon tumbang tersebut terjadi pada Kamis (11/01/2024) dinihari sekitar pukul 02.00 WIB dan menimpa dua rumah warga dengan kategori rusak ringan atas nama Arif Budiman (37) dan rusak sedang atas nama Gus Candra Taufik Hidayat (39). Selain rumah juga terdapat satu unit kendaraan roda empat yang tertimpa pohon tersebut, beruntungnya tidak ada korban jiwa.

Pj Wako Payakumbuh Jasman mengatakan bahwa selain memberikan bantuan, pemerintah daerah juga harus melakukan antisipasi salah satunya dengan memantau dan mendata pepohonan yang berpotensi tumbang.

“Hal ini harus kita antisipasi terlebih saat ini cuaca sedang buruk, jadi OPD (Organisasi Perdangkat Daerah) serta lurah harus meninjau dan mendata pohon yang sudah tua dan mati,” katanya.

Selain itu, Jasman mengajak dan mengimbau masyarakat untuk memperhatikan serta melihat kondisi pohon yang ada di sekitar rumah masing-masing.

“Jika pohonnya berpotensi untuk tumbang segera tebang namun bagi pohon yang berada di tepi jalan segera laporkan ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH)” ujarnya.

Jasman berharap agar ke depannya tidak ada lagi kejadian pohon tumbang di Kota Payakumbuh sehingga tidak ada lagi kerugian bagi masyarakat yang terdampak.

“Sekali lagi saya imbau agar memperhatikan pohon di sekitar rumah masing-masing. Semoga tidak ada lagi kejadian seperti ini,” ungkapnya.

Selanjutnya, Pj Wako Payakumbuh Jasman juga berterima kasih kepada BPBD Payakumbuh dan masyarakat sekitar yang telah bekerja sama membantu keluarga terdampak.

“Kerjasama, saling bahu membahu seperti ini harus terus kita pertahankan karena dampak positifnya bagi masyarakat yang tertimpa musibah sangat besar,” katanya.(Yon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest