Jumat, April 12, 2024

Erick Thohir Jadi Pilihan Utama Cawapres, Dinilai Mampu Merangkul Semua Parpol

Must read

Jakarta, Dutametro.com – Erick Thohir menjadi pilihan utama masyarakat dalam menatap pemilihan presiden (pilpres) 2024, sebagai calon wakil presiden (cawapres), menurut pengamat politik Amir Faisal.

Selain itu Amir juga melihat hal ini sebagai sesuatu yang menguntungkan bagi koalisi partai pengusung.

Hal ini dapat dilihat di mana koalisi partai pengusung sarat akan kepentingan masing-masing partai, sehingga jika salah kader partai dipinang menjadi cawapres dikhawatirkan akan menyebabkan kecemburuan politik.

Kemudian kekuatan yang dimiliki oleh parpol yang menjadi cawapres dikhawatirkan menjadi terlalu dominan.

Nah, “Untuk posisi cawapres, di sinilah peran Erick Thohir yang berlatar belakang profesional dari kalangan rakyat dan rekan jejaknya sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf akan bisa menjadi pilihan utama perekat di antara partai pengusung,” terang Amir.

Sedangkan Amir melihat Erick Thohir yang merupakan sosok pemimpin dari kalangan profesional atau independent menjadi jalan tengah atau titik temu partai koalisi pengusung untuk pilpres 2024 mendatang.

Kemudian disamping itu, menteri BUMN tersebut juga berpengalaman dalam mengkonsolidasikan koalisi parpol pengusung sebagai Ketua TKN Jokowi–Ma’ruf di Pilpres 2019 lalu.

Selanjutnya Amir menambahkan, “Erick Thohir bisa menjadi pilihan utama solusi sebagai titik temu antara koalisi partai, ia bisa menjadi perwakilan semua partai, apalagi kedekatannya dengan semua partai pengusung seperti terlihat selama ini,” imbuhnya.

Founder Perfekto untuk Indonesia ini kemudian menjelaskan Erick Thohir juga memiliki elektabilitas tinggi sebagai cawapres.

Di mana elektabilitasnya di pulau Jawa juga tersebar merata seperti di Jawa Timur, Jawa Tengah dan DKI Jakarta.

Kemudian Amir mengatakan untuk di Jawa Barat, Erick Thohir berada di posisi ketiga dalam elektabilitas cawapres.

Di samping itu, Eks Presiden Inter Milan ini memiliki panggung strategis sebagai menteri dan Ketum PSSI.

Namun perlu diketahui bahwa panggung ini tidak hanya menjangkau satu daerah saja, namun secara nasional. Dengan ini Erick Thohir memiliki ruang gerak yang lebih luas sehingga bisa menjangkau lebih banyak pemilih ketika diusung menjadi cawapres.

Maka dengan itu, “Erick Thohir bisa menjadi pilihan utama cawapres yang akan sangat mendongkrak suara. Secara basis wilayah, Erick Thohir berdasarkan sejumlah survei cawapres, elektabilitasnya cukup kuat dan merata di seluruh Pulau Jawa, terutama di Jawa Tengah, Jawa Timur dan DKI Jakarta, sementara di Jawa Barat elektabilitas Erick Thohir sebagai cawapres berada di urutan ketiga,” sebut Amir.(HA)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article