Minggu, Juli 21, 2024

Masa Transisi, Bupati Eka Putra Harapkan Dukungan Kemensos Pulihkan Ekonomi Korban

More articles

 

Jakarta – Lima hari memasuki masa transisi pasca terjadinya bencana alam banjir bandang dan longsor di kabupaten Tanah Datar, Bupati Eka Putra, SE, MM. Kamis (13/2024) kunjungi kantor Kementerian Sosial (Kemensos) RI, di Jalan Salemba Raya Jakarta Pusat.

Kehadiran Bupati Eka Putra yang didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Yusrizal di Kementerian Sosial disambut langsung oleh Sekretaris Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI Rabiah di ruang kerjanya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Eka Putra menjelaskan bahwa kedatangannya untuk menyampaikan kondisi terkini kabupaten Tanah Datar diawal masa transisi menuju pemulihan kembali pasca bencana alam yang melanda.

“Sejak berakhirnya 28 hari masa tanggap darurat bencana, Alhamdulillah, seluruh keluarga korban hilang yang belum ditemukan sudah mengikhlaskannya. Dan, terhitung sejak tanggal 9 Juni kemarin, kabupaten Tanah Datar memasuki masa transisi selama satu tahun ke depan untuk kembali bangkit pasca bencana yang terjadi,” ujar Bupati Eka Putra.

Dikatakannya lagi, walaupun sudah memasuki masa transisi pemerintah Kabupaten Tanah Datar masih sangat membutuhkan dukungan dari Kemensos RI, terutama untuk menangani masalah korban.

“Saya hadir saat ini, selain untuk menyampaikan ucapan terima kasih langsung kepada Bu Menteri atas bantuannya, juga untuk menyampaikan permohonan bantuan untuk para korban dimasa transisi ini,” sampainya.

Dimasa transisi, tambah Bupati Eka Putra, Pemerintah Daerah Tanah Datar akan melakukan relokasi untuk membangun kembali rumah-rumah para korban di lokasi yang jauh lebih aman.

“Alhamdulillah, saat ini beberapa rumah hunian sementara sudah selesai dan lahan untuk relokasi pun sudah kami siapkan. Ke depannya tentu kami mengharapkan bantuan dari Kemensos untuk pemulihan ekonomi para korban bencana tersebut kembali,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Ditjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Rabiah menyampaikan turut berduka atas bencana yang terjadi di Tanah Datar.

“Alhamdulillah, pak Bupati sangat perhatian kepada warganya. Saya lihat di medsos, pak Bupati selalu bersama pengungsi. Saya ucapkan terima kasih kepada pak Bupati dan jajarannya yang telah menangani bencana ini secara maksimal,” ucapnya.

Lebih lanjut, Rabiah juga menanggapi harapan yang disampaikan Bupati Eka Putra. Dia menyarankan, agar Pemda Tanah Datar membuat usulan apa yang dibutuhkan kepada Mensos RI.

“Silahkan diajukan apa-apa yang dibutuhkan. Misalnya, pemberdayaan sosial melalui modal usaha untuk korban atau bantuan untuk 10 keluarga penyintas banjir dan yang lainnya. InsyaAllah Kemensos akan membantu dengan berbagai program,” katanya.

Dikesempatan tersebut, Rabiah juga menyampaikan permohonan maaf untuk semua tim yang turun ke Tanah Datar selama masa tanggap darurat.

“Tim kami yang bertugas selama berada di Tanah Datar tentu ada plus minusnya, untuk itu atas nama Kemensos dan tim yang bertugas di lokasi Saya menyampaikan permohonan maaf,” tukasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest