Minggu, Mei 26, 2024

Rapat Persiapan Swarnabhumi 2023,Dharmasraya Siap Laksanakan KSB 2023

Must read

Dharmasraya ,dutametro.com.-Rapat Persiapan Swarnabhumi 2023,Dharmasraya Siap Laksanakan KSB 2023. Bupati Dharmasraya yang diwakili Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, H. St. M. Taufik, S.E.,M.M. usai mengikuti Rapat Persiapan Kenduri Swarnabhumi 2023 yang dipimpin oleh Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos.,M.H. di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Senin (10/04/2023).

Kenduri Swarnabhumi (KSB) merupakan upaya menggali peradaban budaya dan adat istiadat di Kabupaten dan Kota di Daerah Aliran Sungai (DAS) Batanghari.

Rapat Persiapan Kenduri Swarnabhumi tersebut, dihadiri oleh Dirjen Kebudayaan Kemdikbudristek, Hilmar Farid,Direktur Perfilman, Musik, dan Media Baru, Ahmad Mahendra, S.Sos. beserta rombongan, Bakrie anggota komisi V DPR RI, Gubernur Jambi, Wali Kota Sungai Penuh, Wakil Bupati Merangin dan para pejabat yang mewakili kepala daerahnya.

Rapat ini membahas agenda tentang persiapan pelaksanaan Kenduri Swarnabhumi 2023 dengan hasil ditandatanganinya Nota Kesepakatan pelaksanaan Kenduri Swarnabhumi 2023.

Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid mengatakan, Kenduri Swarnabhumi 2023 merupakan kelanjutan dari program Kenduri Swarnabhumi 2022. “Rangkaian kegiatan ini berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Batanghari, sampai ke Dhamasraya, Sumbar,” ucapnya.

Menurut Hilmar, Kenduri Swarnabhumi bertujuan menelusuri kembali jejak peradaban dari masa lalu. “Ini sejarah peradaban kerajaan Melayu di DAS Batanghari yang berusia 600 tahun, mulai abad ke-7 Masehi hingga ke-14 Masehi,” kata Hilmar.

Dijelaskan, kenduri Swarnabhumi 2022 mendapatkan perhatian sangat positif dari semua kalangan. “Insya Allah ini lebih besar dan menarik lagi dari tahun kemaren, yang jelas harus ada peningkatan,” pungkasnya.

Begitu juga dengan, Gubernur Jambi Al Haris menjelaskan KenduriSwarnabhumimenjadi contoh kemajuan kebudayaan yang kongkret dan berbasis kepada gotong royong. Untuk itu, eventakbar KSB 2023, harus sukses dan spektakuler.

Dan tak kalah semangat, “Kabupaten Dharmasraya siap laksanakan Kenduri Swarnabhumi Tahun 2023 lebih baik,” ujar St. M. Taufik.

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article