Bupati Benny Utama Bersafari Ramadhan ke Simpati, Dapat Sorakan Dari Masyarakat

oleh -256 Dilihat

Pasaman, Dutametro – “Pak Benny tibo, Pak Benny tibo,,,” teriak masyarakat Nagari Alahan Mati, sambil tersenyum senang melihat Bupati Pasaman H. Benny Utama tiba di daerah itu, ‘ngabuburit’ jelang waktu berbuka sambil berbelanja takjil di Pasar Alahan Mati.

Kehadiran Bupati Benny Utama di suatu daerah yang dikunjungi, memang selalu mengundang perhatian banyak orang. Kelatahannya untuk selalu peduli pada suatu kondisi dan keadaan masyarakat, serta senantiasa berkomunikasi langsung dengan warga, membuat ‘Mantan Jaksa’ yang juga Petani ini, begitu akrab dengan masyarakat.

Apalagi kegemarannya ‘traktir’ saat berbelanja di warung, pasar, maupun pedagang gerobak keliling, membuat Mantan Ketua DPRD ini sangat popular diikalangan anak-anak dan ibu-ibu di Pasaman.

Dan, di saat bulan Ramadhan, bupati senior yang suka berkebun ini, latah bahkan terkesan ‘nyinyir mengajak anak-anak untuk berpuasa di Bulan Ramadhan.

Karena, dari beberapa kali kesempatan berpidato, Bupati Benny Utama sering mengungkapkan kegusarannya, atas prilaku generasi muda yang mulai ‘jauh’ dari agama.

“Percuma jika seseorang itu pintar intelektualnya, sehat jasmaninya, tetapi imannya lemah dan sosialnya tidak peka. Seseorang akan disebut hebat dan sukses, bila duniawi, dan ukhrawi-nya selaras seimbang,” katanya.

Kehadiran Bupati Benny Utama di Nagari Alahan Mati dalam rangka Safari Ramadhan dari masjid ke masjid di nagari dan kecamatan dalam wilayah Kabupaten Pasaman pada Ramadhan 1443 hijriyah tahun ini.

Menurut Harpen Ishar, tokoh masyarakat Alahan Mati, Bupati Pasaman H. Benny Utama, SH. MM lebih dikenal masyarakat secara personal, bukan semata karena berjabatan bupati.

“Masyarakat Simpati termasuk ibu-ibu dan anak-anak lebih kenal sosok Pak Benny sebagai tokoh masyarakat dan ‘Urang Tuo” Pasaman, bukan sebagai bupati. Artinya, tidak pun berjabatan bupati, sambutan masyarakat akan tetap hangat pada Pak Benny,” timpal Adek Jumalis, Wali Nagari Simpang, yang ikut hadir shalat Tarawih berjamaah di Masjid Raya Alahan Mati, yang dikunjungi TSR Bupati Pasaman di hari ke tiga.

Seperti biasa, sembari menunggu waktu berbuka di lokasi yang dikunjungi, Bupati Benny Utama meninjau sejumlah objek pembangunan di daerah tersebut.
Tak lupa, bila menjumpai ‘Pasar Pabukoan’, Pak Benny turun dari mobil, membeli aneka ‘pabukoan’ (takjil) yang dijajakan masyarakat setempat.

Disaat berbelanja itulah, anak-anak akan ‘menyerbu’ Pak Benny untuk mendapat ‘paket’ takjil dari bupati, dan anak-anak yang berpuasa, akan ketiban bonus tambahan dari bupatinya.

Tim 1 Safari Ramadhan (TSR) Pemerintah Kabupaten Pasaman dipimpin Bupati H. Benny Utama, Kamis (14/4) kunjungi Masjid Raya Alahan Mati, Kecamatan Simpang Alahan Mati (Simpati).

Usai shalat tarawih dan witir, Tokoh Masyarakat yang juga pengurus masjid Raya Alahan Mati, Harpen Israr, melaporkan kondisi daerahnya kepada Bupati Pasaman.

“Akibat banjir bandang tahun lalu, telah terjadi pendangkalan sungai. Kami mohon untuk dilakukan pengerukan. Kemudian jembatan Salareh Aia yang ambruk dihantam banjir November 2021, yang sudah dibuatkan jembatan darurat oleh Pak Bupati waktu itu, diharap bisa bangun jembatan permanen,” pinta Harpen Israr, yang pernah menjabat Wali Nagari Alahan Mati, periode lalu.

Dalam ceramahnya di Masjid Raya Alahan Mati, Bupati Benny Utama menjawab seluruh persoalan yang disampaikan masyarakat.

Tentang jembatan darurat, tahun ini akan dibangun permanen. Untuk pengerukan sungai akan segera diturunkan tim teknis untuk menghitung kebutuhan anggaranya. Jika tidak terlalu besar, akan ditangani melalui perubahan anggaran tahun 2022. Dan jika biayanya besar, akan dianggarkan tahun 2023 depan.

Masalah air bersih juga dilaporkan warga. Menurut warga, tahun 2021 sudah selesai proyek pipanisasi sepanjang 14 km dari
SPAM Bateh, tersambung hingga ke rumah-rumah masyarakat di Simpati. Namun hingga kini suplay air dari Bateh ke intake di Toboh Alahan Mati tidak masuk, sehingga tidak ada suplay air ke rumah warga.

“Kami bermohon untuk diangkat satu orang pegawai PDAM untuk mengelola SPAM Bateh,” ujar Tokoh Masyarakat setempat, yang diiyakan langsung oleh Bupati Pasaman.

Turut disampaikan bupati kepada jamaah masjid Raya Alahan Mati, bahwa tahun 2023 akan dibangun SMA di Kecamatan Simpati, melengkapi SMK Pertanian yang dibangun 2013 lalu, di masa periode pertama Bupati Pasaman Benny Utama.

Tentang masalah kesehatan, disebutkan bahwa Kabupaten Pasaman merupakan satu-satunya kabupaten di Sumbar yang mau dan mampu mengansuransikan seluruh jiwa masyarakanya melalui APBD Pasaman tahun 2022 senilai Rp.56 milyar.

Begitupun Bidang Pendidikan, Pasaman juga satu-satunya daerah kabupaten di Sumbar yang menyediakan pendidikan gratis bagi warganya hingga tingkat SMA, ‘plus’ bantuan satu juta rupiah bagi mahasiswa berprestasi dari kalangan keluarga kurang mampu.

Menutup ceramahnya, Bupati Pasaman menyerahkan bantuan masjid Rp.15 juta, dan ketua Baznas menyerahkan 16 paket bantuan untuk para mustahik, Bank Nagari dan BRI Lubuk Sikaping juga menyerahkan bantuan masing-masing satu juta rupiah untuk pengelolaan masjid Raya Alahan Mati.

TSR Pimpinan Bupati Pasaman beranggotakan Kepala Bappeda, Kepala Bakeuda, Kadis Kesehatan, Kadis P3AKB, Kadis Kominfo, Pinca Bank Nagari, Pinca BRI, Kepala BPJS, Ketua Baznas, Dewan Pendidikan, dan Kabag Protokol serta penceramah agama. Sc/Bud

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.