Sabtu, Juli 27, 2024

Menuju Universitas Kelas Dunia: UNP Kolaborasi dengan CSU China untuk Beasiswa Global

More articles

Padang, dutametro.com – Menuju World Class University, Universitas Negeri Padang (UNP) berkomitmen menjalin kerja sama internasional dengan berbagai mitra universitas. Salah satunya dengan mengadakan sosialisasi beasiswa Central South University (CSU) China dan GEM Co., Ltd. Sosialisasi ini merupakan kolaborasi global antara UNP dengan berbagai Universitas kelas dunia serta mitra akademik dan mitra industri.

Wakil Rektor IV, Prof. Dr. Yasri, M.S dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini merupakan rangkaian kerjasama antara UNP dengan Tiongkok salah satunya beasiswa. Ia menambahkan bahwa kegiatan ini yang sangat baik bagi para mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri khususnya Tiongkok.

“Kerjasama UNP dengan Tiongkok Merupakan kesempatan special kepada mahasiswa untuk melanjutkan studi master di Tiongkok,” papar Guru Besar bidang Marketing Management itu.

Kegiatan ini diikuti oleh Direktur Internasionalisasi, Prof. Rusnardi Rahmat Putra, S.T., M.T., Ph.D., Eng, para dekan Sekarang, mahasiswa semester 7 & 8 serta alumni. Sosialisasi ini menghadirkan narasumber Dr. Wang Yaning (Vice Director of R&D Center, GEM Shenzhen) yang diwakili oleh Viola Pongajow memaparkan program ini merupakan program Kementerian Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves), Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan Central South University (CSU).

Diketahui CSU merupakan universitas terfavorit yang ada di Cina dengan biaya kuliah terjangkau dan peluang beasiswa untuk mahasiswa internasional. Program beasiswa ini sudah berlangsung sejak tahun 2019, program ini mendapatkan pujian dan direkognisi oleh Menteri Menko Marvels, serta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Melalui program ini para mahasiswa akan mendapatkan theoretical knowledge, practical experience, experimental skills, dan fluent Chinese.

Proses rekrutmen beasiswa ini dilaksanakan oleh LPLD yang dibuka pada tanggal 17 April-17 May 2024, seleksi administrasi 20-22 May 2024, Hasil seleksi administrasi berkas poendtrasi 28 May 2024 dan perkuliahan dimulai pada tanggal 9 September 2024.

Viola Pongajow merincikan adapun Berkas pendaftaran yakni Ijazah atau SKL atau Surat Keterangan dari Fakultas bahwa yang bersangkutan pasti akan lulus sebelum 1 Agustus 2024.

Direktur Internasionalisasi, Prof. Rusnardi Rahmat Putra, S.T., M.T., Ph.D., Eng menambahkan bahwa bagi para mahasiswa yang akan melanjutkan program beasiswa tidak perlu khawatir karena di China merupakan Negara yang ramah kepada muslim dan juga di universitas CSU juga sudah melengkapi fasilitas berupa masjid dan halal corner.(Ss/Utr/Humas UNP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest