Rabu, Oktober 4, 2023

UPACARA PERINGATAN DETIK-DETIK PROKLAMASI DI KABUPATEN DHARMASRAYA BERLANGSUNG KHIDMAT

Must read

DHARMASRAYA ,dutametro.com.– UPACARA PERINGATAN DETIK-DETIK PROKLAMASI DI KABUPATEN DHARMASRAYA BERLANGSUNG KHIDMAT.Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 di Halaman Kantor Bupati Dharmasraya, Kamis (17/8/2023), berlangsung khidmat.

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang juga merupakan Ketua Apkasi mengenakan pakaian Kebesaran Kerajaan Koto Besar, bertindak selaku inspektur upacara, mengusung Tema, “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”, yang menyiratkan ajakan kepada seluruh elemen bangsa untuk melaju bersama melanjutkan pembangunan dengan menggelorakan semangat berkolaborasi dan bersinergi.

Pembaca naskah Proklamasi dibacakan oleh Ketua DPRD Dharmasraya, Pariyanto. Bertindak sebagai Perwira Upacara, Kasat Intelkam Polres Dharmasraya, AKP Rajulan. Bertindak sebagai Komandan Upacara, Pasipers DIM 03/10 SSR, Kapten Chb Jarman. Bertindak sebagai Pembaca Doa adalah Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dharmasraya, Okto Verisman.

Sedangkan bertindak sebagai petugas pengibar bendera antara lain, Dendi Pramudiya Mukti dari SMAN 1 Pulau Punjung, Penggerak Bendera, Muhammad Fachrul Arif dari SMAN 2 Pulau Punjung, Danpok 8, Gifari Aslamial Fatir dari SMAN 1 Pulau Punjung, Danpok 17, Erwin Mariono Manurung dari SMKN 1 Koto Baru. Danpok 45, Ridho Maulama Ramadhani dari SMKN 1 Koto Baru, Pembawa Baki, Kasih Thabita Hidayat dari SMAN 1 PUlau Punjung. Pembawa Baki cadangan, Zahra Alya Delina dari SMAN 1 Sungai Rumbai. Seroihan 8, Intan Aulia dari SMAN 2 Sungai Rumbai. Anugerah Laura Zenta dari SMK Start Up Dara Jingga dan Ayu Intan Fania dari SMAN 1 Sungai Rumbai.

Tampak hadir Forkompinda, Kapolres Dharmasraya, AKBP Nurhadiansyah, Dandim 0310/SSD diwakili Danramil Pulau Punjung, Mayor CZI Sarinto, Kajari Dharmasraya, Dodik Hermawan, Kepala Pengadilan Negeri Pulau Punjung, Purnomo Wibowo dan Kepala Pengadilan Agama Pulau Punjung M. Rifa’i, serta tamu undangan lainnya.

Dalam upacara tersebut juga, Bupati melakukan Penyematan Tanda Kehormatan Satya Lancana Karya Satya dan Penyerahan Piagam Penghargaan pada HUT RI ke-78 di Lingkup Pemkab Dharmasraya. Satyalancana Karya Satya adalah tanda kehormatan yang diberikan oleh Pemerintah RI kepada para PNS yang telag melaksanakan tugasnya dengan menunjukkan kesetiaan, pengabdian, kecakapan, kejujuran, kedisiplinan. Serta telah bekerja terus-menerus dalam jangka waktu tertentu.

“Satyalancana ini dibentuk dengan tujuan untuk menghargai jasa-jasa serta sebagai pendorong untuk meningkatkan pengabdian dan prestasi kerja, sheingga dapat dijadikan teladan bagi PNS yang lain,” kata Bupati.

Kabupaten Dharmasraya pada tahun ini mendapat 393 PNS yang lolos dalam pengajuan Tanda Kehormatan dengan Keputusan Presiden RI Nomor 115/TK/2022 yang ditetapkan di Jakarta Tanggal 15 Desember 2022.

Selain itu, Bupati menyematkan secara simbolis kepada 15 PNS yang mendapatkan Tanda Kehormatan, antara lain, Sekretaris Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Dharmasraya, Lasmita. Sekretaris Dinas Kesehatan, Yosta Defina. Guru SDN 09 Pulau Punjung, Alimar, Guru SDN 11 Pulau Punjung, Erpanis, Guru SDN 18 Pulau Punjung, Inda Suryani, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Bobby P Riza.

Sekretaris Dinas Pendidikan, Herniyati, Guru SDN 10 Koto Baru, Siti Aisyah, Kasubbad Umum dan Kepegawaian Bagian Tata Usaha RSUD Sungai Dareh, Elita. Guru SMPN Unggul, Yenita Dwitri, Kabid Pelayanan RSUD Sungai Dareh, Milana Gafar. Kepala Bidang Ketersediaan dan Distribusi Pangan Dinas Pangan dan Perikanan, Dodi Sandra Syam. Kabid Pemerintahan Nagari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Sastrawati. Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR, Andar Atmaja. Pj. Kepala Sub Bagian Tata Usaha pada UPTD Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup, Desy Andriani.

Selain itu ada juga penyerahan Dividen Bank Nagari Cabang Pulau Punjung kepada Pemkab Dharmasraya tahun buku 2022 sebesar 4.820.177.266.Penyerahan bantuan CSR Bank Nagari untuk Bidang Pendidikan Kabupaten Dharmasraya tahun 2023 sebesar Rp.100.000.000.

Bukan hanya itu saja, pada peringatan HUT Kemerdekaan, Bupati memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kepala Sekolah tingkat SLTA atas kepiawaiannya melakukan pembinaan kepada peserta didik di satuan pendidikan. Sehingga bisa meraih berbagai prestasi di tingkat nasional baik dibidang akademik maupun non akademik, diantaranya Nofsi Suriyana Kepala SMAN I Pulau Punjung. Yunita Kepala SMAN 1 Sitiung dan Lindrawati Kepala SMAN 2 Pulau Punjung. (***)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article