Pemkab Nias Gelar Pelatihan Bagi Para Pengelola Koperasi & UKM

oleh -207 Dilihat

Pemerintah Kabupaten Nias melalui Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan Serta Ketenagakerjaan melaksanakan Pelatihan tentang Jati Diri Koperasi Bagi Anggota Koperasi dan Pelaku UMKM, bertempat di Nusa Lima Beach Desa Foa Gunungsitoli Idanoi. Kamis,16/06/22.

Tujuan pelatihan ini supaya pengelola Koperasi dan Pelaku UMKM dapat mengerti dan memahami nilai nilai dan prinsip koperasi untuk dapat diterapkan dalam pengelolaan koperasi secara utuh berdasarkan aturan dan mekanisme serta tidak ada keraguan dalam tata cara dan manajemen yang digunakan dalam pengelolaan koperasi, hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Koperasi dan UKM Elisari Hulu, SE pada laporanya.

Selanjutnya, dalam laporannya Kepala Bidang Koperasi dan UKM Elisari Hulu, SE menyampaikan bahwa yang menjadi peserta dalam pelatihan ini adalah Koperasi yang aktif dan telah melaksanakan RAT Tahun Buku 2021 yang terdiri dari Anggota Koperasi sebanyak 12 orang dan UMKM sebanyak 13 orang sehingga perserta pelatihan berjumlah 25 orang. Pelaksanaan pelatihan ini berlangsung selama 3 (tiga) hari dimulai tanggal 16 hingga 18 Juni 2022 dengan durasi pelajaran 24 Jam Pelajaran.” ucapnya

Mewakili Kepala Dinas Kopeasi, UMKM, Perdagangan serta ketenagakerjaan Kabupaten Nias dalam hal ini Sekretaris Dinas, H. Syarif Usman Mendrofa , S.Sos, M.Si menyampaikan bahwa kurang berkembangnya Usaha Koperasi diakibatkan minimnya pengetahuan tentang perkoperasian dan ketidaktahuan fungsi dan manfaat usaha koperasi juga tidak terkecuali anggota koperasi maupun pelaku UMKM sehingga banyak pelaku UMKM Khususnya dan masyarakat pada umumnya tidak termotivasi mendirikan koperasi bahkan tidak tertarik menjadi anggota koperasi.
Sehingga Pemerintah Kabupaten Nias melalui Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan serta ketenagakerjaan Kabupaten Nias mengambil bagian untuk memfasilitasi kegiatan pelatihan ini dengan tujuan agar dapat meningkatkan Kesejahteraan Anggota maupun masyarakat pada umumnya dan dapat membantu suplay modal bagi Pelaku UMKM, ujarnya.

Mengakhari sambutannya, Mewakili Kepala Dinas Kopeasi, UMKM, Perdagangan serta ketenagakerjaan Kabupaten Nias, H. Syarif Usman Mendrofa mengajak dan menghimbau kepada seluruh Panitia Penyelenggara Kegiatan agar kegiatan ini berkelanjutan bagi perkembangan Perkoperasian Kabupaten Nias. Selanjutnya, kepada Bapak Narasumber kiranya memberikan totalitas kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki sehingga peserta mampu memahami apa yang disajikan dan kepada para peserta diharapkan mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh dari awal sampai selesai.” tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Kepala Seksi, Pelaksana, Narasumber Bpk. Parluhutan Dalimunthe, SE, pendamping Koperasi dan UMK dan PPKL, dan Para Peserta Latihan

Sumber : Kominfo Nias
Wartawan : Herman Waruwu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.