Terdepan dalam Inovasi, Disdukcapil Dikunjungi Pemkab Kuantan Singingi

oleh -264 Dilihat

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau melaksanakan studi tiru ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang Panjang, Jumat (17/6).

Plt. Bupati Kuansing, Drs. H. Suhardiman Amby, Ak, M.M yang memimpin rombongan menyampaikan, studi tiru ke Disdukcapil Padang Panjang dilakukan lantaran dinas yang dikomandoi Dra. Maini, M.M ini dikenal terdepan dalam inovasi.

“Kami menganggap Padang Panjang terdepan dalam inovasi. Kami ingin meng-copy paste tata cara pengelolaan Disdukcapil,” katanya seraya menuturkan ASN Disdukcapil Padang Panjang mampu memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat.

Kunjungan ke Disdukcapil, lanjut Suhardiman merupakan bagian dari literatur pemberdayaan ASN serta yurisprudensi.

“Kota Padang Panjang saya anggap memiliki inovasi terbaik di Sumatera. Pembelajaran di sini nantinya kita tuangkan dalam keputusan kepala daerah. Ada beberapa yang perlu kita perbaiki,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini Maini memaparkan sejumlah inovasi dinas yang dia pimpin. Di antaranya, Pelayanan Langsung dari Pintu ke Pintu (Palang Pintu), Layanan Jemput Bola (Jempol), Pelayanan Terpadu (Pelandu), Komputer Inovasi Kependudukan (Komik), Pelayanan Administrasi Kependudukan Online (Paduko), lalu Tanda Tangan Elektronik Dokumen Kependudukan.

Selanjutnya, yang menarik perhatian dari Plt. Bupati Singingi ialah inovasi “Selalu Samawa”. Setelah melangsungkan akad nikah semua dokumen langsung dibawa. Dari KTP, KK langsung didapat penganten setelah melaksanakan pernikahan secara resmi. (harris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.