Rabu, Juni 19, 2024

Kadis Kesehatan Tulang Bawang Klaim Bebas Rabies

Must Read

Tulang Bawang, Dutametro.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tulangbawang mengklaim tidak ada kasus rabies selama Tahun 2023.
Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulangbawang, Fatoni saat dikonfirmasi melalui via WhatsApp, Selasa (20/06/2023).

“Hingga sekarang belum ada, semua puskesmas telah antisipasi apabila ada kasus rabies dan ada warga yang di gigit atau di cakar hewan,” katanya.
Fatoni menjelaskan, mengenai penanganan pertama saat seseorang terkena gigitan maupun cakaran dari hewan pembawa rabies.

Adapun langkah penanganan awal, apabila seseorang terkena gigitan maupun cakaran dari hewan pembawa rabies, yakni mencuci bagian yang luka dengan air mengalir dan menggunakan sabun, dibetikan desinfektan. Langkah awal yang paling cepat.

Kemudian, bawa pasien tersebut ke Puskesmas terdekat untuk mendapatkan penanganan segera.

“Bawa ke Puskesmas terdekat untuk mendapatkan penanganan, nanti tim medis akan segera melakukan tindakan sesuai SOP apabila tergigit,” ucapnya.
Fatoni juga menginformasikan bahwa tidak ada anggaran khusus untuk pasien yang terkena gigitan hewan rabies. “Tidak ada anggaran khusus untuk rabies. Kami mengefektifkan anggaran yang ada dalam bidang Pemberantasan Penyakit (P2),” ungkapnya.

Ia menambahkan, bahwa Dinkes Tulangbawang sudah melakukan permintaan ke Provinsi Lampung agar mendapatkan stok Vaksin Antirabies. (*)

- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest News

Hadir Di Tengah Masyarakat, Wagub Audy Tebar Qurban ASN dan BUMD Sumbar

Kota Solok, dutametro.com - Wakil Gubernur Sumatera Barat (Wagub Sumbar), Audy Joinaldy menyerahkan bantuan sapi qurban dalam agenda Tebar...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img