Tingkatkan Kepedulian Terhadap Lingkungan Hidup, Pemko Solok Dirikan Saka Kalpataru

oleh -60 Dilihat
Saka Kalpataru adalah satuan karya yang digerakan oleh Pramuka dibidang cinta lingkungan hidup (Dok Siska)
Untuk meningkatan instrumen dalam memberikan kepedulian terhadap lingkungan hidup, pemerintah kota Solok membentuk Satuan Karya (Saka) Kalpataru. Kepengurusannya dilantik oleh wakil walikota Solok, H.Dr.Ramadhani Kirana Putra, Rabu, 21 Desember 2022, di Aula SMPN 5 Solok.

Saka Kalpataru adalah satuan karya yang digerakan oleh Pramuka dibidang cinta lingkungan hidup. Saka itu dibentuk berdasarkan irisan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan dalam tugasnya, Saka Kalpataru didaerah, bekerjasama dengan Kwarcab Pramuka setempat.

Ramadhani yang juga sebagai ketua Kwarcab Pramuka kota Solok disela kesempatannya itu menyebutkan, Saka yang dibentuk akan menekankan pada isu lingkungan, pengelolaan sampah, perubahan iklim, dan konservasi keanekaragaman hayati.

” Ini merupakan ide kementerian lingkungan hidup yang wajib diimplementasikan, karena akhir dari tujuan ini adalah membentuk generasi muda yang ramah lingkungan ” sebut wakil walikota itu.

Ketua Kwarcab itu menerangkan, Pramuka merupakan organisasi pendidikan non formal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan. Berkaitan dengan itu, dinas lingkungan hidup kota Solok, ikut andil dalam menyelenggarakan pendidikan kepanduan dalam organisasi Pramuka.

Dikatakannya, Satuan Karya Pramuka Kalpataru, untuk tahap awal meliputi tiga Krida yang ada, diantaranya, Krida 3R yakni, Reduce, Reuse, dan Recycle. Krida Perubahan Iklim, serta Krida Konservasi Keanekaan Hayati.

” Saya berharap, dengan telah dikukuhnya pengurus Saka Kalpataru dinas lingkungan hidup kota Solok, kepedulian generasi muda terhadap lingkungan hidup dapat ditingkatkan ” imbuh wakil walikota Solok.

Dari liputan media ini, kepengurusan Saka Kalpataru yang dilantik adalah untuk periode 2022 – 2027. Pimpinan Cabang nya adalah sekretaris dinas lingkungan hidup kota Solok, Sisvamedi.
Wakil Ketua Jefri Hariyanto, Sekretaris Aznil Zaini, dan Bendahara Nelli Amrianis.

Setelah pelantikan, kegiatan dilanjutkan dengan Rakercab 2022, yang merupakan rapat kerja tahun kedua kepengurusan Kwarcab Pramuka kota Solok masa Bhakti 2021 – 2026. (F.Siska)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.