Jumat, Maret 29, 2024

4 Orang Meninggal, Satu Selamat Dibawa Arus Sungai di Lubuk Cempong Tempurung Jorong IV Koto Nagari Kinali

Must read

Pasaman Barat,dutametro.com.-4 Orang Meninggal, Satu Selamat Dibawa Arus Sungai di Lubuk Cempong Tempurung Jorong IV Koto Nagari Kinali.Lima orang tenggelam dibawa arus sungai di Lubuk Cempong Tempurung, Jorong IV Koto Nagari Kinali, Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat 4 orang meninggal dan satu orang selamat.

“Kelima orang korban itu merupakan satu keluarga, warga Jambak Timur Jalur XI Nagari Lingkuang Aua Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat,” kata Kapolres Pasaman Barat, AKBP.Agung Basuki, melalui Kapolsek Kinali, AKP Aditialidarman, Sabtu (22/4/2023).

Ia mengatakan, Korban yang merupakan keluarga besar berangkat dari rumah di Jambak Timur Jalur XI menggunakan 2 mobil pribadi serta ranmor R2 sebanyak 2 unit diperkirakan sebanyak 16 orang menuju ke lokasi kejadian itu.

Dijelaskan, berdasarkan kronologis peristiwa,  korban pertama, Ziyan sesampai di lokasi mandi-mandi ke sungai tersebut hingga korban Ziyan tenggelam.

Kemudian , melihat kejadian tersebut korban Rehan langsung juga terjun ke sungai untuk menolong Ziyan namun Rehan juga tenggelam.

Selanjutnya ibu Rehan, bernama Remita dan korban Ataya serta korban Ali Akbar  dengan spontanitas berusaha masuk ke sungai untuk menolong akan tetapi mereka juga tenggelam.

Pada saat itu juga saksi, Asbula menolong korban Ali Akbar dan Asbula dapat menarik tangan korban. Sementara itu 4 orang korban terseret arus Sungai Lubuk Cempong terbawa arus sepanjang 20 meter.

Selanjutnya, pihak keluarga lainya ikut masuk ke sungai dan mengangkat korban ke daratan dan berupaya melakukan pertolongan pertama, sedangkan kelima korban dibawa ke Puskesmas IV Koto Kinali.

Korban sebagian tidak bisa berenang, namun karena melihat keluarganya tenggelam langsung berusaha menolong. Sayangnya saja, pada saat kejadian disekitar lokasi masih sepi masyarakat beraktivitas.

Dari pemeriksaan dan pertolongan dari Nakes Puskesmas IV Koto ditangani oleh dr. Dadang Sugeri dan menyatakan ke empat korban telah meninggal dunia. sementara korban Ali Akbar selamat.

Kapolsek Kinali saat mendatangi TKP menghimbau kepada seluruh masyarakat dan juga tokoh pemuda untuk melarang kegiatan mandi-mandi di lokasi kejadian.

Sebab, menurut masyarakat setempat lokasi Lubuak Cempong sekitarnya menamakan Lubuk Siku memang ada pusaran air dan memiliki arus bawah  yang cukup kuat. Dan atas peristiwa tersebut pihak keluarga menerima kejadian ini merupakan suatu musibah.

Ke-Empat korban yang meninggal dunia tersebut telah teridentifikasi bernama Zian, laki-laki umur 11 tahun, Rehan, laki-laki umur 17 tahun, Ataya, perempuan umur 18 tahun, dan Remita, perempuan berumur 49 tahun.

“Sedangkan satu orang korban yang selamat atas nama Ali Akbar,” kata Kapolsek. (*)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article