Kamis, Mei 30, 2024

Dipimpin Bupati Barru, Peringatan HSN Dipusatkan di Kampus DDI Tongronge

Must read

Barru .-dutametro.com.-Dipimpin Bupati Barru, Peringatan HSN Dipusatkan di Kampus DDI Tongronge.Bupati Barru, Ir. H. Suardi Saleh, M.Si memimpin upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tingkat Kabupaten Barru tahun 2023, dipusatkan di Kampus II Putra DDI Tongronge Mangkoso, Kecamatan Soppeng Riaja,Kabupaten Barru, Ahad 22/10/2023.

Bupati Barru Ir.H.Suardi Saleh,M.Si menyampaikan amanat Menteri Agama RI menjelaskan, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 22 Tahun 2015 menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional (HSN)

Penetapan itu untuk merujuk pada tercetusnya resolusi jihad yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Dari resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa peristiwa heroik tanggal 10 November tahun 1945 yang kita peringati sebagai hari Pahlawan,” katanya.

Dikatakan, Peringatan HSN yang mengusung tema Jihad Santri Jayakan Negeri, memiliki makna mendalam. Jihad itu sendiri bukan selalu diimplementasikan melalui pertempuran fisik, melainkan perjuangan keseluruhan untuk menguatkan iman, memperdalam ilmu, dan memperbaiki diri.

Bagaimana pun katanya, peran santri sebagai pilar keagamaan dan keilmuan dapat menjadi motor penggerak kemajuan bangsa.

“Saya berharap di hari santri ini tidak hanya sekedar memperingatinya saja, tapi bisa dijadikan untuk semua dalam melakukan napak tilas perjuangan santri berikut perannya dalam pembangunan yang sekarang oleh kita semua dinikmati.

Untuk mengimbangi era globalisasi ini, dirinya menuturkan kalau santri bisa mengimbangi semua perkembangan zaman. Untuk merealisasikan hal tersebut pastinya para santri bisa berwawasan ke depan yang lebih baik dengan memperkuat keilmuannya serta perannya.

Hadir Unsur Forkopimda, Pimpinan Pondok Pesantren DDI Mangkoso,Kakan Kementerian Agama Kabupaten Barru, Kepala OPD Barru, Perwakilan Pimpinan dan pembina Pesantren se Kab.Barru, Camat Soppeng Riaja, Kapolsek, Danramil dan kepala Desa serta Lurah, santri beserta undangan lainnya.

(Humas IKP/Anty)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article