Minggu, Juli 21, 2024

11 Bakal Calon Rektor UNP Sampaikan Kertas Kerja di Forum Terbuka

More articles

Padang – Senat Akademik (SAU) Universitas Negeri Padang (UNP) menyelenggarakan Forum Terbuka Penyajian Kertas Kerja Bakal Calon Rektor Universitas Negeri Padang Periode 2024-2029, Senin (22/4/2024) di Auditorium UNP.

Acara yang juga disiarkan secara langsung melalui Akun Youtube Resmi UNP, UNP TV itu digelar guna menindaklanjuti Peraturan Majelis Wali Amanat Universitas Negeri Padang Nomor 1 Tahun 2023 tentang Tata Cara Pemilihan Pengangkat, Pelantikan dan Pemberhentian Rektor Universitas Negeri Padang dan Surat Keputusan MWA tentang Penetapan Bakal Calon Rektor UNP 2024-2029 serta Surat Keputusan Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Negeri Padang (UNP) Nomor 064/UN35.MWA/HK/2024 tentang Penetapan Bakal Calon Rektor Universitas Negeri Padang Periode Tahun 2024-2029.

Adapun sebelas nama Bakal Calon Rektor yang akan menyajikan kertas kerjanya hari ini Prof. Aldri Frinaldi, S.H., M.Hum., Ph.D, Prof. Dr. Ardipal, M.Pd, Dr. Hasrul, M.Si, Prof. Dr. Indang Dewata, M.Si, Dr. Ir. Krismadinata, S.T., M.T dan Dr. Ir. Mulya Gusman, S.T., M.T pada sesi pertama. Kemudian dilanjutkan pada sesi kedua Dr. Refnaldi, S.Pd, M.Litt, Dr. Yaswinda, S.Pd., M.Pd, Prof. Yohandri, M.Si, Ph.D, Dr. Yulhendri, S.Pd, M.Si, Dr. Yulkifli, S.Pd, M.Si.

Ketua Pelaksana Forum Terbuka Penyajian Kertas Kerja Bakal Calon Rektor UNP, Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum dalam laporannya mengungkapkan Forum Terbuka Penyajian Kertas Kerja Bakal Calon Rektor Universitas Negeri Padang Periode 2024-2029 merupakan salah satu dari proses rangkain pemilihan Rektor UNP yang telah dimulai dengan pembentukan Panitia Pemilihan Rektor, penjaringan Bakal Calon Rektor dan dilanjutkan dengan hari ini tahap awal penyaringan Bakal Calon Rektor.

“Bakal Calon Rektor adalah seorang pendaftar yang telah terjaring berdasarkan tata cara penjaringan. Pada tahap penjaringan sudah terjaring 12 Bakal Calon Rektor, setelah melalui verifikasi persyaratan administrasi diperoleh 11 Bakal Calon Rektor yang memenuhi syarat,” terangnya.

“Forum terbuka adalah wadah penyampaian kertas kertas kerja oleh Bakal Calon Rektor dan tanya jawab dengan sivitas akademika, alumni dan juga masyarakat,” tambahnya.

Ketua Senat Akademik UNP Prof. Dr. Lufri dalam pidato pembukaanya mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama kewenangan yang diberikan MWA kepada SAU. “Para Bakal Calon akan mengajukan kertas kerjanya yang berisi usulan Strategis UNP, Pelaksanaan Rencana Strategi dan Strategi pencapaian yang akan dilakukan masing-masing Bakal Calon Rektor,” papar Guru Besar FMIPA itu.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, forum terbuka penyajian kertas kerja bakal calon Rektor UNP Periode 2024-2029 dibuka,” kata Prof.lufri saat membuka secara resmi forum tersebut.

Pada acara yang dimulai pada 08.00 WIB ini yang bertindak sebagai moderator ialah, Prof. Dr. Yasri, MS dengan panelis yang akan membedah visi dan misi masing-masing Bakal Calon Rektor ini adalah Guru Besar Teknik Sipil Universitas Gajah Mada dan juga merupakan mantan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kemendikbud Ristek, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D. Kemudian Rektor Universitas Negeri Padang Prof. Ganefri, Ph.D dan yang terakhir adalah mantan Rektor UNP periode 2012-2016 Prof. Dr. Phil. Yanuar Kiram, serta Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA yang merupakan mantan Rektor ITB periode 2015-2020.

Sejumlah aturan harus dipatuhi masing-masing Bakal Calon Rektor, diantaranya menyajikan kertas kerja paling lama 10 menit. Bakal Calon Rektor tidak diperkenankan saling menyerang atau menjatuhkan Bakal Calon Rektor lainnya dan Setiap Bakal Calon Rektor harus memberikan jawaban dan tanggapan terhadap setiap pertanyaan dari panelis dan peserta Forum Terbuka yang ditujukan kepadanya secara singkat, tepat, dan padat dalam jangka waktu maksimal 2 (dua) menit

Turut hadir dalam acara ini Pimpinan dan Anggota MWA sebanyak, SAU, Pimpinan UNP beserta Pimpinan Unit Kerja, Pimpinan dan Anggota Senat Akademik Fakultas, Dosen, Tenaga Kependidikan, perwakilan mahasiswa, perwakilan Alumni dan perwakilan masyarakat. (Humas UNP).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest