Kamis, Maret 28, 2024

Pasaman Equator Festival Sebagai Ajang Promosi Wisata

Must read

Pasaman, Dutametro-Ribuan warga banjiri Taman Equator Bonjol. Kehadiran warga tersebut guna menyaksikan secara langsung Titik Kulminasi bumi dalam rangka Pasaman Equator Festival yang diselenggarakan dari tanggal 20 sampai dengan 24 September 2022.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Sumbar ” Audy Joenaldi, Wabup Pasaman Sabar.A.S, Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten kota se Sumatera Barat, Forkopimda Pasaman, Sekretaris Daerah Pasaman Mara Ondak, Kepala OPD, Ketua GOW Pasaman Ny.Denny Sabar.A.S, Ketua TPP PKK Pasaman, Ketua DWP Pasaman, Kepala BUMD, Tokoh Masyarakat, dan Niniak Mamak.

Dikesempatan tersebut Wakil Bupati Pasaman Sabar AS dalam sambutanya mengatakan, terdapatnya Garis Khatulistiwa di Kabupaten Pasaman merupakan anugerah yang tak terhingga, dimana garis khatulistiwa ini hanya ada di Indonesia yakni Pasaman dan Pontianak, dan ini patut kita syukuri.

Banyak Spot wisata di Kabupaten Pasaman yang harus kita gali, terkhusus kawasan wisata Bonjol akan dijadikan pusat wisata Pasaman sebagai spot inti.

Guna mendukung perbaikan Pusat Wisata di Taman wisata Equator Pasaman ini, Pemerintah Daerah juga telah menganggarkan melalui APBD Pasaman tahun 2022.

Selain itu untuk tahun depan juga akan di bangun planetarium dengan anggaran 20 milyar, suppor alokasi anggaran dari Propinsi sebesar 8 milyar dan 12 milyar dari APBD Pasaman.

Destinasi Planetarium ini merupakan sarana wisata edukasi astronomi, dan merupakan satu satunya Planetarium yang tepat di garis khatulistiwa di Dunia, dan kita berharap destinasi wisata ini akan menjadi kawasan wisata internasional.

“Disamping itu kabupaten Pasaman juga telah ikut promosi wisata Kompas travel fire , yang di wakili oleh 9 Nagri yang ada di Kabupaten Pasaman beberapa hari yang lalu , dan destinasi wisata nagari ini akan terus dikembangkan”, tambah Sabar A.S.

Dalam kegiatan tersebut juga di tampilkan beberapa kegiatan kesenian rakyat. Diantaranya penampilan tari Indang Muara Mangguang oleh kelompok sanggar tari Lubuk Sikaping dan Musical drama oleh Murid Sekolah Dasar ( SD ) 05 Pauah Lubuksikaping.

Mc

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article