Minggu, September 8, 2024

Flori Bertus Nazara Wakili Sumut Ikuti Pelatihan Wasit/Juri Pencak Silat Tingkat Internasional

More articles

Nias: Gunungsitoli,dutametro.com.- Persekutuan Silat Antar Bangsa menyelenggarakan Special Upgrading International Pencak silat Referee and jury tahun 2024 yang dilanaksanakan di Padepokan Pencak silat Taman Mini indonesia Indah Jakarta (TMII).

Penataran atau pelatihan wasit pencak silat antar bangsa dilaksanakan selama 11 hari dari tanggal 06 sampai dengan 16 Juli 2024.

Flori Bertus Nazara merupakan salah seorang perwakilan Wasit/Juri Nasional Ikatan Pencak Silat Indonesia Provinsi Sumatera Utara mengatakan, Pelatihan Wasit Juri Internasional ini merupakan kesempatan emas.

“Tidak mudah mendapatkan peluang untuk mengikuti penataran special upgrading wasit juri internasional, mengingat kegiatan ini jarang tersedia, disamping proses seleksi peserta yang ketat dan berjenjang”.

Setelah melalui beberapa tahap seleksi akhirnya terdapat 39 Wasit Juri Daerah/Nasional yang berasal dari berbagai provinsi se Indonesia sebagai peserta special upgrading tersebut.

Masih penuturan Flori, mengatakan dalam pelatihan referee and Jury, materi yang diperdalam lebih kepada materi perwasitan dan penjurian serta studi kasus peraturan pertandingan yang berlaku (terbaru yakni Pencak Silat Rule and Regulation Version 7 Tahun 2024).

Selanjutnya sebagai ujian Praktek wasit/juri semua peserta ditugaskan sebagai petugas teknis dalam 2 (dua) event internasional yakni : International Student Indonesian Open Pencak Silat Champhionship 2024 dan 2nd International Senior Indonesian Open Pencak Silat Champhionship 2024.” imbuh Flori.

Dari pencapaian tersebut di atas, kita patut berbangga karena saat ini Flori Bertus Nazara adalah Putra Nias pertama dan satu satunya yang telah menjadi International Pencak Silat Referee and Jury. Semoga pencapain ini menjadi motivasi kepada Putra Putri Nias lainnya untuk lebih semangat meraih dan berkiprah di Dunia Olahraga khususnya di Perwasitan.

Akhirnya Flori Bertus Nazara menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan dan support kepadanya terlebih lebih kepada : IPSI Sumatera Utara, Koni Kabupaten Nias dan IPSI Kabupaten Nias.

- Advertisement -spot_img

Latest