Sabtu, Juli 13, 2024

M. Firsada Salurkan Bantuan Mesin Pompa Air untuk Mendukung Pertanian di Tubaba

More articles

Tubaba, Dutametro.com – M. Firsada Salurkan Bantuan Mesin Pompa Air untuk Mendukung Pertanian di Tubaba.Penjabat Bupati Tulangbawang Barat, Drs. M. Firsada, hari Senin (27/05), secara simbolis menyalurkan bantuan 7 unit mesin pompa air kepada Gabungan Kelompok Tani Sejahtera Tiyuh Gedung Ratu, Kecamatan Tulang Bawang Udik. Total 28 unit mesin ini berasal dari Kementerian Pertanian, bertujuan untuk mendukung perluasan areal tanam melalui sistem pompanisasi.

Dalam sambutannya, M. Firsada menekankan pentingnya menjaga lahan persawahan yang terbatas di Kabupaten Tubaba seluas 7000 hektar, untuk mencegah pergeseran fungsi lahan. Tujuan dari bantuan ini adalah untuk meningkatkan indeks pertanaman padi serta mendukung ketahanan pangan di wilayah tersebut.

Ia juga menyoroti dampak negatif El Nino yang berkepanjangan, yang menyebabkan kekeringan ekstrim dan penurunan produksi pertanian, termasuk lonjakan harga beras pada awal tahun 2024. M. Firsada menegaskan perlunya langkah-langkah strategis untuk menjaga ketersediaan pangan, terutama beras, dengan dukungan dari pemerintah pusat dan kerjasama bersama TNI serta pemerintah daerah.

Kementerian Pertanian bersama TNI dan Pemerintah Daerah aktif mengawal proses budidaya pangan dari hulu ke hilir, termasuk pengadaan prasarana pertanian seperti pompa air yang menjadi kendala utama dalam mendistribusikan air dari sungai ke lahan pertanian petani di Tubaba.

Akang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest