Kegiatan Pacuan Kuda Danjen CUP Merupakan Wujud Kegiatan Teritorial Kopassus

oleh -85 Dilihat
Banyak fakta menarik dari penyelenggaraan Kejurnas Pacuan Kuda Danjen Kopassus Cup Nusantara Derby 2022 Round-2, yang sukses diselenggarakan di Lapangan Pacuan kuda Tegal Waton, Tengaran, Semarang Minggu (25/9/2022).

Ratusan peserta yang mengikuti kegiatan pacuan kuda tingkat nasional tersebut Minggu (25/9/22) sudah meninggalkan lapangan. Tentunya dengan berbagai kesan mendalam dari event yang diselenggarakan Mayjen TNI H. Iwan Setiawan, S.E., M.M Komandan Jendral Kopasus.

Komandan Mayjen TNI H. Iwan Setiawan, S.E., M.M Komandan Jendral Kopasus mengatakan, Penyelenggaraan Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda ini adalah salah satu bentuk program Pembinaan Teritorial yang dilaksanakan oleh Kopassus.

“Ini juga merupakan bentuk apresiasi secara langsung terhadap prestasi atlet-atlet pacuan kuda di Indonesia,”katanya.

Disisi lain kegiatan ini juga untuk memupuk tali silaturahmi serta kebersamaan sehingga terwujudnya kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Melalui acara lomba pacuan kuda ini untuk mencari bibit dan melatih kuda pacu dari seluruh Indonesia yang berpotensi untuk dapat berprestasi sampai dengan tingkat Internasional,”jelas Jendral TNI Iwan Setiawan kepada Berita Istana Negara.

Selain itu, lanjut Mayjen TNI H. Iwan Setiawan, S.E., M.M Komandan Jendral Kopasus, juga untuk mencari bibit atlet pacuan kuda berprestasi dan juga diharapkan dapat menarik peminat dan penggemar olahraga berkuda di Indonesia.

“Saya berharap event ini dilanjutkan sebagai event tahunan Kopassus agar kedepannya Kopassus bisa turut serta menyelenggarakan lomba pacuan kuda dalam rangka HUT Kopassus setiap tahunnya,”harapnya.

Lebih lanjut Mayjen TNI H. Iwan Setiawan, S.E., M.M Komandan Jendral Kopasus, kontingen yang mengikuti kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Nusantara Derby 2022 Round II.

“Dalam perlombaan ini terdapat 10 Kontingen yang terdiri dari beberapa Provinsi, seperti Sumatera Barat, Lampung, Jawa Barat, Jakarta, Jogjakarta, Jawa Tengah, JawaTimur, Kalimantan Barat,Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat,”terangnya.

Mayjen TNI H. Iwan Setiawan, S.E., M.M Komandan Jendral Kopasus menambahkan, jumlah kuda yang dipacu mengikuti lomba ada 122 ekor.

Dalam lomba pacuan kuda ini ada berapa materi yang diperlombakan dalam event ini,dalam materi lomba pacuan kuda ini terdapat 10 race Pacuan utama dan 10 race pacuan tambahan,diantaranya Pacuan Utama yaitu Kelas A terbuka 2200 Meterb,Kelas A Sprint terbuka 1300 Meterc,Kelas B 1800 Meterd,Kelas B Sprint 1200 Metere,Kelas C 1600 Meterf,Kelas C Sprint 1100 Meterg,Kelas D 1400 Meter,Kelas D Sprint 1000 Meteri,Kelas E 1200 Meterj,Kelas F 1000 Meter dan Pacuan Tambahan Kelas Non Finalis 1400 Meter,Kelas calon Derby 1200 Meterc,Kelas Calon Remaja 1200 Meterd,Kelas 3 Tahun KPI 1000 Metere,Kelas G 1000 Meterf, Kelas H g,Kelas LH dan Kelas J4.

“Ini merupakan harapan saya, agar kedepannya Kopassus bisa turut serta menyelenggarakan lomba pacuan kuda dalam rangka HUT Kopassus tiap tahunnya”.

“Untuk event ini disiapkan selama kurang lebih 1 bulan oleh personel Kopassus dan di bantu oleh masyarakat.”

“Ini sebagai wujud implementasi kemanunggalan dengan Rakyat,”pungkasnya. ( VIO SARI )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.