Senin, Juli 22, 2024

DLH Pulpis : TPS3R Diharapkan Bisa Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Menciptakan Lingkungan Bersih Dan Tertata

More articles

Pulang Pisau-ditametro.com.-Kepala Dinas Lingkungan Hidup ( DLH ) Kabupaten Pulang Pisau Hendri Arroyo berharap agar semua warga masyarakat Kabupaten Pulang pisau bisa bergerak bersama-sama dalam menjaga kebersihan lingkungan masing –
masing.

Menurutnya peran serta dari semua lapisan masyarakat dalam menjaga Kebersihan lingkungan dengan memanfaatkan sampah rumah tangga bisa bernilai secara ekonomis merupakan salah satu upaya Pemkab Pulang pisau dalam menangani masalah persampahan.
Rabu,27/3/2024.

” Apalagi saat ini DLH sudah menyediakan tempat pengelolaan sampah reduce, reuse, recycle atau TPS3R yang berlokasi di Kelurahan Bereng, Kecamatan Kahayan Hilir, itu merupakan langkah awal untuk mengelola persampahan agar lebih tertata dan terkelola ” Ujarnya.

Hendri menambahkan tersedianya TPS3R ini, upaya pemerintah daerah dalam rangka pengendalian dan pengelolaan sampah hingga memiliki nilai ekonomi.

“Semakin banyak yang peduli, maka permasalahan ini akan terkendali dan teratasi, khususnya sampah rumah tangga,” ujarnya.

Menurut Hendri, kesadaran terhadap sampah adalah hal yang sangat penting untuk diwujudkan oleh para pihak. Terutama, lanjutnya, masyarakat mampu mendaur ulang sampah rumah tangga baik organik maupun non organik yang bisa diolah menjadi produk bernilai ekonomi.

“Dengan adanya TPS3R ini bisa menjadikan lingkungan di wilayah perkotaan lebih bersih dan mampu mengurangi volume sampah,oleh karena itu, kami berharap khususnya kalangan generasi muda harus lebih kreatif dan inovatif untuk melakukan pemilahan sampah dengan cara daur ulang” lanjutnya.

“Sekali lagi saya mendorong semua agar bisa menjadi lebih kreatif menjadikan sampah rumah tangga seperti botol plastik, secara vas bunga ataupun menjadi wadah alat tulis dan kerajinan tangan lainnya hingga memiliki nilai ekonomi,” tutupnya.(R)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest