Sabtu, Juli 27, 2024

Peringatan Hari Ibu Di Barru Diwarnai Berbagai Lomba

More articles

dutametro.com.-Tim Penggerak PKK Kab. Barru Melaksanakan acara Peringatan Hari Ibu ke-94 dengan tema Perempuan Berdaya, Indonesia Maju berlangsung di Gedung Islamic Centre Barru, Selasa (27/12/2022)

Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M. Si mengatakan dalam sambutannya Peringatan Hari Ibu merupakan bentuk penghargaan kita dan apresiasi kepada perjuangan perempuan Indonesia dari masa kemasa sejak kongres perempuan pertama di Tahun 1928 yang menjadi tongkat perjuangan Indonesia.

“Perempuan Indonesia sangat berperang dalam draf pembangunan Indonesia dari presfektif ke setaraan gender”, terangnya.

Selanjutnya Bupati mengatakan, perbedaan perempuan laki-laki di Indonesia bisa dianggap secara umum terlihat tidak terlalu nampak secara ekstrim, meskipun masi ditemukan isu gender di berbagai bidang.

“Melalui peringatan hari Ibu ke-98 saya berharap bahwa perempuan-perempuan di generasi masa kini dalam segala aktifitasnya tidak pernah melupakan makna dari perjuangan dimasa yang lalu khususnya perempuan generasi milenial”, harap dia.

Sebelumnya Ketua TP PKK Kab. Barru drg. Hj. Hasnah Syam, MARS., mengatakan sejarah perjalanan pada peringatan hari ibu melatarbelakangi peringatan hari ibu dari awal ditetapkan hingga saat ini.

HariIbu di Indonesia tidak sepenuhnya serupa dengan mother’s day sebagaimana negara-negara di belahan dunia lain merayakannya.

Dikatakan, Hari ibu di Indonesia memiliki makna yang jauh lebih besar yang dilandasi oleh tekad dan perjuangan kaum perempuan untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia sebagaimana dideklarasikan pertama kali dalam Kongres Perempuan Indonesia pada 22 Desember 1928 di Yogyakarta,.

“Perjuangan perempuan Indonesia yang telah menempuh jalan panjang untuk mewujudkan peranan dan kedudukan perempuan Indonesia dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara telah dimulai sebelum masa kemerdekaan, yang ditandai perjuangan pendekar perempuan di berbagai tempat di Indonesia”, tandas Hasnah Syam yang juga Anggota DPR RI Komisi IX.

Peringatan Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember selalu diperingati setiap tahunnya sebagai Hari Ibu. Dimana peringatan ini merupakan suatu perayaan bagi semua ibu di dunia atas cinta dan kasih sayangnya yang selalu diberikan terhadap anak-anaknya.

Dalam acara Hari Ibu, Andi Almeera Ayunda Qirani Rusman cucu dari Bupati Barru dan Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi partai NasDem memberikan 1 kado spesial di hari Ibu sebuah lagu yang berjudul “IBU” yang sangat indah nan merdu yang membuat seluruh yang hadir dalam acara itu meneteskan air mata.

Adapun tujuan penetapan tanggal ini agar menjaga semangat kebangkitan wanita Indonesia secara terorganisasi dan bergerak sejajar dengan kaum pria.

Diakhir acara Ketua TP. PKK memberikan pantun

Anak katak dipinggir sawah
Anak lembu dipinggir taman
Kasih anak sepanjang galah
kasih ibu sepanjang zaman

Melatih ditaman tak mudah layu
Cantik nian dihinggapi Kupu – kupu
Untuk para Ibu I lOVE YOU
Dan selamat Hari Ibu

Pada acara tersebut juga dilakukan penyerahan hadiah diantaranya Lomba Rangking 1, Lomba aba-aba, Lomba pesan berantai, lomba Joget Balon, lomba rebut kursi dan lomba dan lomba masak nasi goreng
*Rangking 1 PKK Kabupaten
1. Hj. Nurmila Main
2. Hj. Hasniar A.Jalil
3. Darmiati Jamaluddin
*Rangking 1 PKK Kecamatan
1. Dwi Desi
2. Asnula Sahari
3. Samsia
*Aba-Aba PKK Kabupaten
1.Pokja 4
2.Pokja 3
3.Pokja 2
*Aba-Aba PKK Kecamatan
1. Kec.Barru (Ibu Camat)
2. Kec. Pujananting Kec.
3. Soppeng Riaja Pokja 4
*Pesan Berantai PKK Kabupaten
1. Pokja 4
2. Pokja 2
3. Pokja 3

* Pesan Berantai PKK Kecamatan
1. Kec. Pujananting
2. Kec. Mallusetasi
2. Kec. Barru
*Joget Bola
1. Kepala Bapenda
2. Kepala BKPSDM
3. Kadis Pariwisata
*Rebut Kursi

1. Kepala BKAD
2. Kadis Perhubungan
3. Kepala BKPSDM
*Nasi Goreng
– Juara: 1. Mawar
2. Nunung Hasanah
3. Satria
– Harapan: 1. Husnidar
2. Dwi Rizka
3. Ummu
– Favorit: Army
– Planting Terbaik: Hj.Ida
– Tersemangat/Aktif: Juliana+Anak
– Kerjasama terbaik: Rapika

(Humas/Anty)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest