Kamis, Juni 13, 2024

Untuk Kedua Kalinya, Event Rang Solok Baralek Gadang Masuk Agenda KEN Festival

Must read

Kota Solok.dutametro.com – Secara resmi program Kharisma Event Nusantara (KEN) tahun 2023 telah dilounching oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Dari 110 event terbaik Nasional, 4 diantaranya adalah agenda pariwisata provinsi Sumatera Barat, papar Kadis Kominfo kota Solok, Heppy Dharmawan, Senin, 30 Januari 2023, diruang kerjanya.

Heppy Dharmawan mengatakan, mewakili walikota Solok, Lounching KEN tahun 2023 dihadiri oleh wakil walikota Dr.H.Ramadhani Kirana Putra, Sabtu, 28 Januari 2023, di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

Empat agenda pariwisata provinsi Sumbar yang masuk dominasi setelah dikurasi adalah, Event Rang Solok Baralek Gadang, dari kota Solok, Sawahlunto Internasional Songket Carnival (Sisca) dari kota Sawahlunto, Festival Pesona Minangkabau dari Kabupaten Tanah Datar, serta Botung Festival dari kota Payakumbuh.

” Alhamdulillah, kota Solok melalui Event Rang Solok Baralek Gadang kembali teragenda dalam KEN 2023, ” sebut Heppy Dharmawan.

Diterangkannya, pada tahun 2022 lalu, tambah Heppy Dharmawan, hanya tiga agenda wisata provinsi Sumatera Barat yang lolos dan masuk kalender KEN Festival. Dan pada tahun ini, Botung Festival menambah catatan sejarah dari prestasi yang didapatkan.

Pada tahun ini, Kemenparekraf RI menerima sebayak 380 event yang diajukan oleh 38 provinsi di Indonesia. Dan setelah dikurasi, didapatkan 110 event terbaik Nasional dan diakomodir dalam agenda KEN Festival tahun 2023.

Berdasarkan informasi dan data yang ada, proses kurasi KEN telah dimulai pada Desember 2022 lalu, dalam hal itu Kemenparekraf RI melibatkan delapan profesional yang menguasai bidangnya masing masing. Dalam hal itu, event yang diajukan harus memaknai dan mengakomodir daya tarik peningkatan wisata didaerah masing masing, berpotensi membuka peluang kerja, serta dapat meningkatkan perekonomian.

Program KEN yang dilahirkan Kemenparekraf pada 2021 lalu, merupakan sebuah strategi untuk meningkatkan citra pariwisata di Indonesia, dan tentunya akan berfungsi sebagai penggerak pembangkit sektor wisata dan ekonomi kreatif, oleh karena itu, dalam kemasannya melibatkan pemerintah daerah dan seluruh stakeholder pariwisata yang ada di Indonesia.

Diakhir paparannya Heppy Dharmawan menyampaikan, dengan semangat dan kerjakeras bersama, event Rang Solok Baralek Gadang tentunya juga akan meningkatkan perkembanga pariwisata, dan meningkatkan perekonomian dikota Solok, dan diyakininya, melalui berbagai macam kegiatan yang akan digelar dan terkemas denga rapi, harapan yang tertuang dalam program KEN akan dapat tercapai. (F.S)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article