Payakumbuh Gencar Lakukan Vaksinasi Covid-19

oleh
Pelaksanaan vaksinasi di Payakumbuh. (Yuridis)

Payakumbuh, Dutametro – Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat masih terus gencar melakukan vaksinasi COVID-19 di setiap kelurahan meskipun pelaksanaan vaksin untuk dosis pertama sudah mencapai 80 persen dari target 110 ribu orang.

Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda di Payakumbuh, Kamis, mengatakan meski telah mencapai 80 persen pihaknya saat ini sedang memfokuskan pelaksanaan vaksinasi di 18 kelurahan yang calon penerima vaksinnya masih banyak atau lebih dari seribu orang.

Ia mengatakan vaksinasi COVID-19 di 18 kelurahan tersebut dilaksanakan secara stasioner dari pagi sampai siang dan akan dilaksanakan dari rumah ke rumah pada siang hingga malam hari.

“Untuk vaksinasi COVID-19 dosis dua sudah di angka 60 persen. Angka ini tentu bergerak menunggu jadwal vaksinasi dosis kedua masing-masing masyarakat,” ujarnya.

Meski begitu, masyarakat yang ada di kelurahan lainnya masih bisa mengikuti vaksinasi COVID-19 di kelurahan yang sedang melaksanakan vaksinasi.

“Dari dinas telah meminjamkan mobil untuk kelurahan yang dapat digunakan untuk membawa masyarakat ke lokasi vaksinasi di kelurahan lain. Sehingga dapat memudahkan masyarakat,” katanya.

Selain itu, Kamis (30/12) Pemkot Payakumbuh juga sedang melakukan Sumbar Sadar Vaksin (Sumdarsin) di dua lokasi, yakni Pasar Padang Kaduduak dan Terminal Koto Nan Ampek.

“Semoga ini juga dapat terus meningkatkan angka vaksinasi COVID-19. Harapan kita tentu capaian vaksinasi di Kota Payakumbuh setinggi-tingginya sehingga dapat menekan angka penyebaran COVID-19,” ujarnya.

Ia mengatakan saat ini setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga diminta untuk mengajak masyarakat sesuai dengan segmen masing-masing agar mau mengikuti vaksinasi COVID-19.

“Ini juga untuk mempermudah masyarakat yang ingin divaksin COVID-19. Sesuai dengan instruksi Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi yang memang fokus untuk pelaksanaan vaksinasi COVID-19,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Payakumbuh Nofriwandi mengatakan pelaksanaan Sumdarsin di Terminal Koto Nan Ampek dilaksanakan di Gedung KIR untuk membuat masyarakat yang akan mengikuti vaksin lebih nyaman.

“Jadi untuk satu hari ini memang pelayanan KIR ditutup dulu dan besok di buka kembali. Pelaksanaan Sumdarsin ini diinisiasi oleh Pemkot Payakumbuh dan Forum Koordinasi Perangkat Daerah (Forkopimda),” ujarnya.

Selain difasilitasi Dishub, katanya pelaksanaan Sumdarsin di Gedung KIR juga difasilitasi bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan dan OPD terkait lainnya.

“Khusus untuk pelaksanaan di Gedung KIR ini, sasaran masyarakat yang akan divaksin itu mencapai 600 orang. Mudah-mudahan ini dapat tercapai,” ujarnya. Yuridis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.