Rabu, April 17, 2024

FPK UNP Jalin Kerjasama Dengan Pemerintah Kota Pariaman

Must read

Pariaman, dutametro.com- Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) Universitas Negeri Padang (UNP) terus mengembangkan diri sebagai sebuah fakultas yang relatif “muda” dalam jajaran fakultas lainnya dalam lingkup UNP. Salah satu hal penting dalam kaitan tersebut, adalah menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga, baik dengan berbagai perguruan tinggi dalam dan luar negeri, dunia industri dan dunia kerja, maupun pemerintah.

Hari Senin lalu, tepatnya 31 Juli 2023 FPK UNP melakukan penandatanganan kerjasama dengan Pemerintah Kota Pariaman, dalam hal ini dilakukan antara Dekan FPK UNP, Dr. Suryanef, M.Si. dengan Sekretaris Daerah Kota Pariaman, Yota Balad, SSTP., M.Si. Adapun lingkup kerjasama berkenaan dengan Tridharma Perguruan Tinggi. Penandatanganan kerjasama ini dihadiri oleh Walikota Pariaman Prof. (HC) Dr. Genius Umar, Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D., Dekan FPK bersama unsur pimpinan fakultas, Kepala Biro, para pejabat Pemerintah Kota Pariaman, serta para dosen dan mahasiswa.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D. menyampaikan bahwa Kota Pariaman akan menjadi ikon dan basis pengembangan program studi di bidang kesehatan. Untuk keperluan itu, UNP akan terus bergerak membangun berbagai sarana dan prasarana penyelenggaraan pendidikan. Dengan demikian, kata Rektor lagi, dalam waktu dekat UNP akan melaksanakan pembangunan kampus UNP di Kota Pariaman sebagai pengembangan dari kampus yang suda ada saat ini. Rektor juga menyatakan keyakinannya bahwa kehadiran kampus UNP akan membawa dampak bagi perkembangan dan pertumbuhan ekonomi Kota Pariaman. Untuk itu kolaborasi perguruan tinggi bersama pemerintah menjadi sangat strategis. Prof. Ganefri, Ph.D. juga menyampaikan apresiasinya atas perkembangan Kota Pariaman dalam banyak hal dibawah kepemimpinan Genius Umar.

Walikota Pariaman dalam kesempatan yang sama menyatakan dukungannya bagi pengembangan kampus UNP di Pariaman dan untuk keperluan tersebut akan menyediakan lahan bagi terealisasinya sarana dan prasarana penyelenggaraan pendidikan tinggi di Kota Pariaman. Lebih lanjut juga disampaikannya bahwa Pemerintah Kota Pariaman memiliki komitmen yang tinggi bagi peningkatan angka partisipasi pendidikan. Beliau juga menyatakan akan memberikan beasiswa bagi masyarakat yang tak beruntung secara ekonomi tetapi memiliki prestasi akademik tinggi untuk melanjutkan pendidikannya di UNP melalui program kerjasama. Untuk tahap pertama, 10 orang lulusan SMA/sederajat akan diberikan kesempatan melanjutkan studi pada Prodi D-3 Keperawatan FPK UNP. Walikota Pariaman juga memberikan kesempatan berdialog dengan para dosen dan mahasiswa. Salah seorang dosen Prodi Keperawatan, Rika berharap kepada Walikoya tersedianya shelter kereta api di sekitar kampus UNP. Di sisi lain, beberapa mahasiswa menyampaikan harapannya untuk diberikan dukungan pembiayaan pendidikan. Merespon permintaan tersebut, Walikota menjanjikan untuk mengupayakannya berdasarkan regulasi yang ada. Kegiatan penandatanganan kerjasama, diakhiri dengan peninjauan lahan untuk lokasi pembangunan kampus UNP di Kota Pariaman.

Dekan FPK UNP, Dr. Suryanef, M.Si. saat dihubungi Tim Humas UNP mengungkapkan rasa syukur dan kebanggaannya atas capaian FPK sebagai fakultas yang relatif “muda” dalam jajaran fakultas yang ada di UNP. Suryanef juga menyatakan bahwa FPK akan terus bergerak maju, dan saat ini mengupayakan terselenggaranya Program Magister (S-2) Psikologi, Pendidikan Profesi Psikologi, serta Manajemen Informasi Kesehatan dalam beberapa waktu ke depan. Demikian akhir dialog Tim Humas bersama Dekan FPK. (FPK/Humas UNP)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article