Jumat, Oktober 18, 2024

Jelang Idul Fitri 2023, Dirpolairud Polda Jateng Cek Sejumlah Pelabuhan Perikanan

More articles

SEMARANG ,dutametro.com.- Menghadapi Hari raya Idul Fitri 1444 H/2023, Wilayah pesisir Jawa Tengah diprediksi akan mengalami penumpukan, yaitu di Pelabuhan Pelabuhan Perikanan, antara lain  Pelabuhan di Tegal, Pekalongan, Pati, Rembang, Cilacap dan lainnya.

Demikian juga yang terjadi di Pelabuhan Nusantara Pekalongan. Mengamati hal tersebut Dirpolairud Polda Jateng Kombes Pol Hariadi, SH, SIK, MH turun langsung melakukan pengecekan. Kamis (13/4/2023). Kedatangannya disambut Kapolres Pekalongan Kota AKBP Wahyu Rohadi SIK MH beserta Wakapolres dan Kasatpolair AKP Nyoman, yang kemudian langsung menggunakan perahu karet menyusuri Muara, Alur Kali Loji dan Kolam penampungan.

Terdapat kurang lebih 200 kapal sepanjang Alur Kali Loji yang membentang dari Utara ke Selatan, menuju Kolam, dan di kolam tersebut terdapat kurang lebih 150 Kapal. Kapal kapal yang parkir disepanjang kali Loji dikhawatirkan bakal menimbulkan berbagai kerawanan antara lain kebakaran, yang dapat merugikan semua pihak. Mengingat menjelang hari raya Idul Fitri para Nelayan Pekalongan dan Batang pulang kampung untuk berlebaran setelah sekilan bulan melaut.

Kegiatan berikutnya menuju Dermaga Pemalang yaitu di pelabuhan TPI Tanjungsari di pelabuhan ini terdapat 200 kapal. Menjelang Lebaran nanti di Pemalang kawasan Pantai dan Perairan obyek wisata yang dipadati kunjungan masyarakat antara lain Pantai Widuri, Pantai Asem doyong dan pantai nyamplungsari.

Disini Dirpolairud mengingatkan pentingnya sarana Keselamatan Berlayar penggunaan Life jacket.

Kapolres kota Tegal AKBP Jaka Wahyudi mendampingi Dirpolairud di Pelabuhan Pelindo Tegal, menyusuri Kolam Alur Pelabuhan menuju Alur Pelabuhan Jongor.

Menjelang lebaran ini, ada 1209 Kapal penangkap ikan yang bersandar di kedua kolam tersebut. Kapal ikan meliputi jenis kapal alat tangkap Forsign dan Jaring Tarik Berkantong antara 39 sampai dengan 100 GT.

Kapal Kapal yang sandar pemiliknya dari Tegal sedangkan kru Kapal dari Kota Tegal dan sekitarnya, yakni Pemalang dan Brebes. Kurang lebih ada 37.000 masyarakat ABK Kapal yang melaksanakan lebaran di Wilayah ini nantinya.

Bersama unsur kemaritiman lainnya Sumartono SH selaku kepala kantor KSOP KELAS IV TEGAL menyatakan akan melakukan antisipasi di Pelabuhan Pelindo.

“Kami akan melakukan antisipasi menjelang idul fitri di pelabuhan Pelindo dengan memasang tongkang penyekat untuk membatasi keluar masuknya kapal nelayan. Kemudian Kapal disusun rapi sesuai antrean dengan menyediakan RUANG AKUR KHUSUS, untuk antisipasi olah gerak dan menghindari penumpukan,” terang Sumartono.

Sementara Dirpolairud menyampaikan Semoga masyarakat pesisir / Nelayan menjelang idul fitri tahun ini dapat menjalankan arus mudik lebaran dengan aman damai.

Tak hanya itu, Dirpolairud Polda Jateng juga berpesan kepada Kasatpolairud agar memberikan himbauan dan turun langsung laksanakan Pengamanan menjelang idul fitri.

Pesan berikutnya zero kejadian, dengan tekan seoptimal mungkin antisipasi Laka perairan di Obyek Wisata Perairan, Pantai dan Laut.

(Vio Sari)
Sumber : Pid/Ditpolairud Polda Jateng/Rajawali08

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest